Apresiasi Telah Menjaga Lahan Gambut

7
Sambutan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Pemukiman Penduduk Kubu Raya, Nendar Soehari mewakili Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali memberikan sambutan serta menyerahkan spanduk tanda dukungan untuk menjaga lahan gambut. Syamsul Arifin/RK.

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali menyampaikan dukungan sekaligus apresiasi terhadap beragam upaya yang dilakukan berbagai pihak. Termasuk Badan Restorasi Gambut untuk menjaga serta merawat dan memelihara lahan gambut di Kabupaten Kubu Raya.

“Kami sangat mendukung untuk pelaksanaan restorasi gambut di Kubu Raya. Mengingat lahan gambut di Kubu Raya sangat luas, sehingga harus kita jaga bersama. Untuk kemaslahatan generasi dan anak-anak cucu kita pada masa yang akan datang,” ujar Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali dalam sambutan resmi yang dibacakan oleh Nendar Soehari pada pembukaan koordinasi dan fasilitasi restorasi gambut Provinsi Kalbar 2018 di Kubu Raya.

Hal yang paling penting harus dilakukan adalah pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat. Serta fasilitasi terhadap kelompok tani dan gabungan kelompok tani tentang bagaimana membuka lahan tanpa bakar, sehingga kebakaran hutan dalan lahan gambut di Kabupaten Kubu Raya dapat terus ditekan.

“Yang paling penting saat ini untuk kita lakukan bersama adalah memberikan edukasi dan fasilitasi serta pembinaan kepada masyarakat. Terutama solusi untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar. Dengan demikian secara perlahan kebakaran hutan dan lahan gambut dapat terus kita tekan serta tidak lagi terjadi pada masa-masa yang akan datang,” tegasnya. (sul)