Ajarkan Siswa Pelajari dan Analisa Informasi

Festival Literasi dan Bukan Bahasa

5
LEPAS BALON. Pelepasan balon ini sebagai tanda dimulainya Festival Literasi Tahun 2018 di Sanggau Ledo--Kurnadi

eQuator.co.id – Bengkayang-RK. SMP Negeri 1 Sanggau Ledo menggelar Festival Literasi Tahun 2018. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-37 SMPN 1 Sanggau Ledo dan Bulan Bahasa serta peringati Hari Sumpah Pemuda.

Kegiatan yang dimulai Selasa (30/10) pukul 08.00 Wib ini, berlangsung di halaman SMPN 1 Sanggau Ledo di Desa Lembang, Jalan Sujadi, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang.

Acara diawali dengan nenyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan menyanyikan Mars Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Mars Literasi.

Plh Camat Sanggau Ledo, Arif Rahman Hakim mengungkapkan kegiatan festival literasi ini sangat penting dilakukan. Sebab sangat besar manfaatnya bagi siswa dan siswi.

“Festival literasi suatu pesta literasi ilmu pendidikan bagi siswa-siswi sehingga mampu menganalisa apa yang dibaca dan dipelajari untuk semua siswa-siswi,” ujarnya.

Hal ini, sambung dia, erat kaitannya dengan sebuah informasi penting yang harus dicermati dan dipelajari. “Jangan pula setelah mendapat informasi di medsos lantas langsung di-share,” kata dia.

Sejatinya, sambungnya, setiap informasi yang didapatkan itu harus betul-betul dipelajari dan dianalisa sebaik mungkin. Terutama Informasi melalui media sosial (medsos).

“Karena sekarang banyak berkembang berita hoaks, maka setiap berita dan informasi yang diperoleh jangan langsung di-share. Pelajari dan analisa terlebih dahulu, serta harus berhati-hati dalam pengunaan sarana medsos agar tidak terjerat oleh UU ITE,” pesannya.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang, Gustian Andiwinata dalam kesempatan itu, menekankan para guru yang telah ditunjuk sekolahnya sebagai peserta festival literasi harus mampu untuk mengembangkan ilmu pendidikan kepada para siswa-siswinya. Agar bisa bersaing dengan sekolah lain yang mempunyai kredibilitas.

“Dengan keberadaan SMP Negeri 1 Sanggau Ledo yang memiliki pestasi mampu membawa nama siswa-siswinya dan mengangkat nama sekolahnya. Khususnya nama Kabupaten Bengkayang ke pentas nasional dan internasional,” ucapnya.

Kepala SMPN 1 Sanggau Ledo, Eka Erawati menyampaikan bahwa kegiatan festival literasi ini dilakukan sekaligus juga untuk memperingati HUT ke-37 SMPN 1 Sanggau Ledo.

“Karena SMPN 1 Sanggau Ledo sebagai perwakilan literasi ilmu pendidikan untuk siswa-siswi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Maka kegiatan ini lebih fokus pada ilmu pendidikan sebagai acuan perbandingan dengan sekolah lain,” kata dia. (Kur)