Awal Tahun Pendidikan Gratis SMA/Sederajat Terealisasi

H Suriansyah: Ini Terobosan dan Ide Baik dari Gubernur

Suriansyah

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Program pendidikan gratis sembilan tahun tentu menjadi dambaan masyarakat. Apalagi Gubernur Kalbar, H Sutarmidji memprioritaskan hal tersebut dan sudah masuk dalam RPJMD Pemerintah Provinsi Kalbar.
“Melihat dan memandang baik wacana itu. Dan setelah melihat draf anggaran yang diajukan Gubernur Kalbar, DPRD Kalbar sepakat dengan rencana Gubernur yang akan menggratiskan sekolah hingga tingkat SMA/sederajat di Provinsi Kalbar. Tentu ini suatu terobosan serta ide baik dari Pak Gubernur,” ujar Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Ir H Suriansyah, MMA, Kamis (29/11).
Wakil rakyat asal Dapil Kabupaten Sambas ini menuturkan, melihat perjalanan kepemimpinan H Sutarmidji sebagai Wali Kota Pontianak selama dua periode, maka pendidikan gratis di Kota Pontianak dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat. Harapan itu pula bisa dilakukan untuk skup yang lebih besar lagi, yakni se-Kalbar.
“Karena dia (H Sutarmidji, red) tidak berangan-angan kosong,” tegasnya.
Dalam kesempatan itu, legislator Partai Gerindra ini menjelaskan, beberapa waktu lalu Gubernur Kalbar telah menyampaikan rincian biaya yang masuk dalam APBD 2019 yang sudah disahkan. Dimana terdapat biaya pendidikan yang dianggarkan, sehingga bisa direalisasikan awal 2019.
“Untuk pendidikan gratis menanggung SPP dan pendidikan sekolah,” tuturnya.
Tak hanya itu, Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Kalbar ini menjelaskan, seluruh anggota dewan menyatakan dukungannya terhadap rencana tersebut, sehingga dirinya optimis lantaran dengan pertimbangan memajukan pendidikan di Kalbar.
“Tidak terlalu besar jumlahnya, itu sangat baik. Saya berharap pendidikan gratis ini dapat terus berlanjut selama kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, Sutarmidji-Ria Norsan. Bahkan seterusnya siapapun yang memimpin Kalbar ini,” harap H Suriansyah.

Reporter: Gusnadi

Redaktur: Andry Soe