Rakyat Lantik Ketua DPD Demokrat Kalbar

SERAHKAN BUKU. Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca IP Pandjaitan didampingi Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar Suryadman Gidot menyerahkan buku pedoman partai kepada Ketua Ranting Sungai Nipah, Agusdiansyah, Sabtu (16/9). ZAINUDDIN

eQuator.co.id-Pontianak. Hari ini, Minggu (17/9) Ketua dan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Kalbar dilantik oleh Sekjen DPP Partai Demokrat Dr. Hinca IP Pandjaitan XIII di Stadion Kridasana Kota Singkawang.

Kedatangan Hinca beserta rombongan pengurus DPP partai besutan Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu disambut dengan tarian khas Kalbar oleh pengurus, kader dan simpatisan Partai Demokrat di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Sabtu (16/9) pagi. Hinca dikawal Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar Suryadman Gidot, M.Pd (yang akan dilantik hari ini, red), Anggota Komisi III DPR RI dari Partai Demokrat Dapil Kalbar, Erma Suriani Ranik, SH, Wakil Ketua DPRD Kalbar Fraksi Partai Demokrat, Ermin Elviani, SH dan jajaran pengurus DPC maupun ranting. Sekjen Partai Demokrat itu tidak langsung ke Kota Singkawang.

Bersama jajarannya, Hinca menuju Gedung Pertemuan Gardenia Resort Kubu Raya menggelar rapat terbuka dengan ketua dan tim pemenangan Pemilu DPD Kalbar dan DPC Kubu Raya. Rapat tersebut dihadiri bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, SH dan Sujiwo, SE (Muda-Jiwo) serta tim suksesnya. Setelah itu Hinca menyerahan surat tugas dari DPP partainya untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya kepada pasangan Muda-Jiwo. “Surat tugas ini sebagai tanda komitmen kami Partai Demokrat untuk memenangkan pasangan Muda-Jiwo,” tegas Hinca di hadapan pasangan Muda-Jiwo, pimpinan partai koalisi (Nasdem dan PKS) serta pendukung Muda-Jiwo.

Hinca pun menjelaskan alasan untuk mendukung pasangan Muda Hendrawan dan Sujiwo. Diungkapkannya, Partai Demokrat melewati beberapa fase dalam proses penjaringan mencari pemimpin Kubu Raya. Dimulai dari penjaringan DPC Partai Demokrat Kubu Raya diproses oleh DPD Partai Demokrat Kalbar hingga DPP.

“Kami mendengarkan penjelasan dan membaca surveinya. Kami melihat kapabilitas Muda-Jiwo dan kemampuannya. Jadi pagi ini saya kira setelah mendengarkan mereka sedikit bicara, pilihan Partai Demokrat tidak salah, karena itu 100 persen kami mendukung pasangan Muda-Jiwo untuk Kubu Raya,” kata Hinca seraya memerintahkan pengurus, kader dan simpatisan Partai Demokrat wajib berjuang untuk memenangkan Muda-Jiwo.

Dia mengatakan, alasan lain mendukung Muda Mahendrawan, karena mempunyai pengalaman mumpuni dalam memimpin jajaran eksekutif Kubu Raya dengan baik. Sedangkan Sujiwo berpengalaman memimpin parlemen (legislatif) Kubu Raya dengan baik. “Saya kira ini singa podium, mempunyai basis massa yang banyak dan militan. Muda-Jiwo bergabung, saya yakin mereka ini yang terbaik untuk Kubu Raya,” tegas Hinca.

Pada rapat terbuka itu Hinca kembali menegaskan kadernya siap mendukung dan DPD Partai Demokrat Kalbar menjadi kontrol utama mengatur DPC Kubu Raya agar patuh terhadap putusan partainya. “Surat rekomendasi akan segera keluar. Apalagi setelah melihat dukungan partai untuk Muda-Jiwo sudah melebihi 20 persen persyaratan. Artinya secepatnya akan kita urus, karena sudah tidak ada masalah lagi,” ujarnya Hinca.

Sementara Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar, Suryadman Gidot mengungkapkan, Provinsi Kalbar akan menggelar Pilkada Serentak 2018, baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota, termasuk Kubu Raya. “Jadi kita akan mendukung pasangan yang sudah ditentukan oleh DPP Partai Demokrat,” tegasnya.

Setelah menyerahkan surat tugas kepada Muda-Jiwo, Hinca dan rombongan mengunjungi kantor media cetak di Kota Pontianak. Setelah media visit, melanjutkan perjalanan mengunjungi dua sekretariat ranting di Kabupaten Mempawah di Desa Sungai Nipah Kecamatan Siantan dan Desa Sungai Limau Kecamatan Sungai Kunyit. Hinca pun meresmikan pengurus dan sekretariat Dewan Pimpinan Ranting (DPRt) Partai Demokrat, sekaligus memberikan tugas kepada Ketua Ranting Sungai Nipah, Agusdiansyah untuk memenangkan jagoan partainya di Pilkada 2018 serta Pemilu 2019. Hinca juga memberikan buku untuk menugaskan Agusdiansyah menulis nama masyarakat, suara yang sudah mendukung Partai Demokrat serta diberikan baju bertuliskan Demokrat Keliling Nusantara. “Demokrat itu setetes embun yang membasahi daun, bukan seperti halilintar yang hanya bergemuruh tanpa mengeluarkan hujan,” ulasnya. Hinca juga menyerahkan beberapa bola sebagai simbol mengisi hari-hari berolahraga untuk jenjang masa depan.

Ketika mengujungi pengurus ranting Desa Sungai Limau, Kecamatan Sungai Kunyit, Sekjen DPP Partai Demokrat beserta rombongan disambut dengan kasidah yang dilakukan ibu-ibu (group kasidah setempat, red) menggunakan kebaya biru yang dikelilingi warga. Kedatangan Hinca juga ditaburi dengan beras kuning oleh masyarakat sekitar, sebagai simbol keselamatan dan kesuksesan.

“Kehadiran beliau (Hinca, red) di tengah-tengah masyarakat, membuktikan kalau Partai Demokrat itu merakyat,” kataYessy Indriani, warga Desa Sungai Limau seraya mengatakan Partai Demokrat semakin terdepan.

Usai mengunjungi kedua ranting tersebut, Hinca dan rombongan melanjutkan perjalanan ke lokasi pelantikan Pengurus DPD Partai Demokrat Kalbar di Stadion Kridasana Kota Singkawang. Di sana dia disambut pengurus dan kader Demokrat di Hotel Swissbell Kota Singkawang. Usai makan malam bersama, Hinca memberikan pembekalan kepada pengurus Partai Demokrat. Setelah itu dilanjutkan dengan meninjau lokasi pelantikan.

Laporan: Zainuddin

Editor: Hamka Saptono