Gidot Siap Menangkan Pilkada Serentak 2018

Pimpin Partai Demokrat Kalbar

SAPA PENDUKUNG. Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca IP Pandjaitan XIII dan Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar Suryadman Gidot memperlihatkan simbol bintang mercy sebagai lambang Partai Demokrat di hadapan ribuan pendukungnya di Stadion Kridasana Kota Singkawang, Minggu (18/9). ZAINUDDIN

eQuator.co.id – Pontianak. Ribuan pendukung Partai Demokrat memadati Stadion Kridasana Kota Singkawang, Minggu (18/9) pagi. Mereka menyaksikan pelantikan Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar Suryadman Gidot, M.Pd dan 128 pengurus DPD oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Dr. Hinca IP Pandjaitan XIII.

Pelantikan tersebut dihadiri anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Erma Suriani Ranik, SH, Gubernur Kalbar Drs. Cornelis, MH, Wakil Gubernur Kalbar yang juga kader Partai Demokrat Drs. Christiandy Sanjaya, SE, MM, Ketua DPD Hanura Kalbar Suyanto Tanjung, Wali Kota Singkawang Drs. H. Awang Ishak, M.Si, pengurus DPD I Partai Golkar Kalbar dan tokoh politik lainnya.

Dihubungi via telepon oleh Sekjen DPP Hinca IP Pandjaitan, Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku masih berada di Singapura melakukan kunjungan kerja. “Selamat pagi saudara-saudaraku. Saya dengar yang hadir ini lebih dari 100 ribu orang. Semoga Partai Demokrat mengubah Kalimantan Barat menjadi sejahtera dengan membawa manfaat bagi penduduknya,” kata SBY menyapa pendukungnya.

Baca Juga: Rakyat Lantik Ketua DPD Demokrat Kalbar

Mantan Presiden RI ke 6 itu mengatakan, Partai Demokrat sebagai komponen Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. “Sukses itu harus diistiharakan. Dan Demokrat harus menjadi pemimpin Kalbar,” tegasnya.

Dikatakannya, Demokrat bersama rakyat mendengarkan suara rakyat dan memperjuangkannya. Makanya Demokrat meraih kesuksesan. “Oleh karena itu, selamat bertugas dan berjuang dengan tulus untuk memikirkan dan mendengarkan suara rakyatnya,” pesan SBY kepada pengrus Partai Demokrat Kalbar.

“Saya juga berterima kasih karena Wakil Gubernur Kalbar yang merupakan kader Partai Demokrat ini juga hadir dalam mengikuti acara pelantikan ini,” ujar SBY.

Sementara itu, Sekjen DPP Hinca IP Pandjaitan XIII mengaku Kota Singkawang punya magnet yang luar biasa, mengajak orang dari luar kota datang dan menjadi pendukung Partai Demokrat. “Karena itu, bagi kami ini adalah simbol perjuangan, keindahan dan pariwisata,” katanya.

“Kami hadir di sini untuk memastikan pariwisata di Kota Singkawang tumbuh dengan baik. Buktinya hotel-hotel sudah penuh semua. Itulah simbol Demokrat untuk menaikkan nilai ekonomi di Kota Singkawang,” ungkap Hinca.

Dia mengatakan, Kota Singkawang juga memiliki simbol keberagaman pluralisme dan perdamaian. Karena itu, kata Hinca, Partai Demokrat memindahkan lokasi pelantikan DPD Kalbar ke Kota Singkawang. “Agar semangat pluralisme bisa menjangkiti kami dengan memberikan semangat bagi kami untuk memberikan pluralisme. Buktinya jalan sehat sudah kita lihat sendiri banyak sekali masyarakat berkesempatan untuk bersama-sama dengan Demokrat. Itulah salah satu mengapa Kota Singkawang yang kami pilih,” tegas Hinca.

“Kalau kami bikin acara di Kota Singkawang ini, pastinya masyarakat akan datang dari Bengkayang, Sambas, Mempawah bahkan dari Kota Pontianak juga hadir maupun dari seluruh Kalimantan Barat,” tegasnya di atas pentas.

Hinca mengatakan, Demokrat adalah partai kader. Mendorong para kader untuk berusaha semaksimal mungkin mensejahterakan rakyat dan mengikuti kontestasi yang ada. “Ini adalah kekuatan baru kami di Kalimantan Barat supaya siap tempur di pemilihan gubernur dan Pilkada di kabupaten maupun kota,” jelas Hinca.

Meskipun mengutamakan kader, Partai Demokrat tetap membuka peluang putra-putri terbaik Kalbar untuk memimpin daerah. “Mari kita bangun demokrasi dan sistem politik yang terbaik di Kalimantan Barat ini,” ajaknya.

“Ini juga (Singkawang, red) merupakan salah satu kota yang kami buat kilometer nol gerakan nasional menolak pembekuan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Karena itu kami mengajak seluruh masyarakat untuk menolak, kami butuh KPK yang profesional, bersih yang taat untuk memberantas korupsi,” tegasnya.Dikatakannya, pemberantasan korupsi sudah dilakukan dengan sangat baik oleh KPK. “Apalagi KPK tiga hari ini sudah beraksi di Banjarmasin bahkan di Batu. Dan kita masih butuh (KPK) karena banyak sekali korupsi itu,” ungkap Hinca.

Dia percaya bahwa komisioner KPK terpilih adalah orang-orang yang baik dan berintegritas. “Mari kita dukung mereka untuk melakukan tugasnya dengan baik dan integritas tinggi,” ajaknya.

“Saya kira semua kader akan berusaha bekerja dengan baik. Dengan mendorong sebanyak-banyaknya kader untuk menaikkan elatabilitas. Tentunya tidak hanya sukses di Bengkayang tapi di seluruh Kalimantan Barat,” harapnya.

Pendaftaran pasangan calon kepala daerah, baik gubernur maupun bupati dan wali kota akan dibuka pada 8 Januari 2018. Sekjen DPP ini mengungkapkan Partai Demokrat sedang bekerja keras selama empat bulan ini untuk menuntaskan 171 Pilkada Serentak 2018 termasuk di Kalbar.

“Pak Gidot dan kawan-kawan harus bekerja keras untuk melakukan penjaringan. Yang sudah kami berikan dukungan adalah Kubu Raya (pasangan Muda Mahendaran-Sujiwo). Masih ada yang lain, karena itu adalah tugas Ketua DPD,” tegas Hinca di hadapan ribuan pendukung Partai Demokrat.

Selesai dilantik, kata Hinca, Ketua DPD harus meraton malam menuntaskan kerja politik. Dia selalu mengingatkan, Partai Demokrat adalah partai kader. Artinya mendorong kader hingga pada waktunya terpilih. Kecuali memang sama sekali tidak ada dan elektabilitasnya rendah atau ada yang lebih tinggi, meskipun bukan kader partai. “Tentunya kami realistis. Karena kami mendukung yang menang,” ungkap Hinca.

“Kami yakin dengan kerja politik hari ini, hasil kerja kerasnya Pak Gidot dengan didukung Ketua DPC, Fraksi Partai Demokrat dan seluruh kader Partai Demokrat se Kalbar, ini kekuatan yang sangat luar biasa,” ucap Hinca mengapresiasi kerja Gidot yang berhasil mengumpulkan ribuan pendukung Demokrat di Stadion Kridasana Kota Singkawang.

Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar, Suryadman Gidot mengatakan, Partai Demokrat selalu menjadi yang terbaik. “Untuk itu mohon doa restu bapak dan ibu, semoga saya bisa memimpin Partai Demokrat dan menjadikan Kalbar sejahtera dan Indonesia umumnya,” kata Gidot di hadapan pendukung Demokrat.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Sekjen DPP Partai Demokrat dan ribuan masyarakat, karena telah menghadiri pelantikan dirinya dan pengurus DPD Partai Demokrat Kalbar. “Saya bersama pengurus akan bekerja keras demi Partai Demokrat kita,” kata Gidot seraya berharap, Pilkada serentak akan dimenangkan Partai Demokrat.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Cornelis mengaku sangat senang karena diundang oleh petinggi Partai Demokrat. “Ini menujukkan bahwa demokrasi di Indonesia sangat baik. Bukan hanya dilihat kalau Partai Demokrat adalah koalisi kami,” ujar Cornelis yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar.

“Saya berusaha datang memberi support DPD (Partai Demokrat Kalbar) yang dilantik. Sehingga mereka bisa melaksanakan tugas partai mereka sesuai undang-undang yang berlaku,” ucap Cornelis.

Wakil Ketua DPRD Kalbar dari Fraksi Partai Demokrat, Ermin Elviani, SH mengucapkan selamat kepada Suryadman Gidot yang sudah resmi menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar. “Melalui pelantikan ini, awal kebangkitan Partai Demokrat Kalbar,” tegasnya.

“Apalagi Ketua DPD Partai Demokrat juga salah satu calon Gubernur Kalbar. Kami selaku kader siap mendukung beliau,” sambung Ermin Elviani.

Sebelum menggelar acara pelantikan, pengurus DPD Partai Demokrat Kalbar melaksanakan jalan sehat bersama masyarakat yang diikuti sekitar 100 ribu peserta. Jalan sehat ini berhadiahkan sembilan unit sepeda motor, sembilan TV Led dan hadiah lainnya.

Laporan: Zainuddin

Editor: Hamka Saptono

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!