Cegah Kriminalitas Jelang Natal

RAKOR. Polisi menggelar rapat koordinasi Rakor) lintas sektoral di aula Mapolres Sambas, Jumat (16/12). SAIRI

eQuator.co.id – Mempawah-RK. Mengantisipasi berbagai tindak kriminalitas menjelang Natal dan Tahun Baru, Polres Mempawah memetakan wilayah pengamanan.

“Ada beberapa pengamanan yang menjadi fokus kita. Diantaranya antisipasi Laka-Lantas yang sudah dikoordinasikan dengan stakeholder dan instansi terkait,” kata Kompol Dwi Murtiono, Kabag Ops Polres Mempawah, Jumat (16/12).

Jajaran Polres Mempawah telah melakukan pemantauan dengan cara patroli keliling. Kapolres juga telah menempatkan personel pada pos-pos strategis, serta membuat rambu petunjuk arah. “Pengalihan arus pun sudah dipersiapkan dalam antisipasi  kemacetan. Melakukan rekayasa lalu-lintas melalui sistem buka tutup,” ujar Kompol Dwi.

Pengamanan jelang Natal juga tak luput dari pengamanan tempat-tempat ibadah, pusat keramaian dan pos polisi. Pengamanan juga tak luput dari antisipasi bencana alam. Mengingat di penghujung tahun cuaca tidak menentu dan sulit diprediksi. “Seperti beberapa waktu lalu hujan deras yang mengakibatkan banjir di sejumlah titik. Kemudian beberapa hari ini tidak ada hujan,” ungkapnya.

“Kita telah ploting personil di berbagai titik daerah rawan. Melakukan patroli demi kenyamanan dan keamanan menyambut Natal,” tegasnya.

Rakor Lintas Sektoral

Di wilayah hukum Sambas, Polres menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral pengamanan Natal dan Tahun Baru. Rakor dihadiri jajaran Pemkab, kepolisian, tokoh agama, tokoh masyarakat, TNI, Saka Bayangkara dan organisasi masyarakat. Rakor digelar di aula Mapolres Sambas, Jumat (16/12).

Kapolres AKBP Cahyo Hadi Prabowo, SH, SIK mengatakan, Rakor bertujuan menerima masukan dari semua pihak, terkait untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru. “Semoga semua bisa memberikan masukan terkait pengamana pada Natal dan Tahun Baru. Hasilnya ini akan dibawa ke Polda Kalbar lalu ke tingkat Mabes Polri,” ungkap AKBP Cahyo.

Selain menampung masukan dari semua elemen, polisi juga melakukan analisa, memprediksi kemungkinan yang akan terjadi pada dua hari besar tersebut.

“Kita analisa, apa yang menjadi kendala di perayaan Natal dan Tahun Baru dengan bekaca pada pengalaman tahun lalu,” jelasnya.

Lalu-Lintas menjadi perhatian serius. Dua hari besar tersebut ada peningkatan mobilitas masyarakat. “Tentu aktivitas masyarakat meningkat, lantaran warga melakukan ibadah dan perayaan Natal dan berlanjut menjelang penyambutan Tahun Baru,” ungkapnya

Hingga nantinya Polres Sambas bisa memberikan jaminan perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah hukumnya berjalan aman dan nyaman.

“Ini semua merupakan upaya pelayanan yang kami berikan. Agar keamanan dan kenyamanan warga Sambas merayakan Natal dan Tahun Baru bisa kita jamin. Tentu ini membutuhkan kerjasama semua elemen masyarakat,” tuturnya.

Sekda Sambas, Dr. H. Jamiat Akadol, M.Si, MH mengapresiasi kegiatan polisi tersebut. Apalagi Rakor yang digelar Polres Sambas semata-mata memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat.

“Kegiatan Rakor semacam ini sangat penting. Semua elemen masyarakat diingatkan dan dijamin bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman pada hari Natal dan Tahun Baru,” ujar Jamiat. (sky/sai)