Hujan Disertai Angin Kencang, 3 Tiang Listrik dan 1 Gardu Roboh

ROBOH. Hujan deras disertai angin kencang menumbangkan 3 tiang listrik dan 1 gardu di Jalan Parit Banjar, Kecamatan Mempawah Timur. Ari Sandy/RK

eQuator.co.id – Mempawah-RK. Hujan deras disertai angin kencang yang menerjang kota Mempawah selama tiga hari, Jumat-Minggu (9-11/12) menumbangkan tiga tiang dan satu gardu listrik. PLN pun langsung melakukan pemadaman listrik di kawasan di Jalan Parit Banjar, Kecamatan Mempawah Timur.

Salah satu warga, Asian, 70, mengungkapkan, hujan dan angin kencang dari arah laut menghantam perkampungan, Sabtu (10/12) pukul 16.30 di RT 001/RW 001. “Tiang listrik tumbang, anginnya kuat dan hujan lebat. Kami kaget karena bunyi tiang tumbang,” paparnya, Minggu (11/12).

Walaupun tidak mengakibatkan ledakan saat tiang listrik tumbang, namun seketika lampu di rumahnya padam. “Cukup lama juga lampu padam, hingga malam hari,” ucapnya.

Seringnya tiang listrik tumbang, kata Asian, seharusnya cepat disikapi PLN dengan mengganti tiang-tiang listrik yang lebih kokoh, karena kondisi alam saat ini tak menentu. “Harapan saya, tiang cepat diganti yang baru, karena yang lama sudah banyak yang tumbang seperti di Desa Senggiring yang waktu itu menumbangkan belasan tiang, itu saja pesan saya,” ucapnya.

Sementara itu, Manajer PT PLN Ranting Mempawah, Saut Manurung mengatakan, tiang listrik yang tumbang disebabkan bencana alam yang menimpa. Setelah mendapatkan informasi, pihaknya langsung turun ke lapangan untuk berusaha memperbaiki. “Tiang listrik tumbang karena diakibatkan bencana alam terjadi, material tiang listrik yang baru langsung diambil dari Pontianak,” ungkapnya.

Dia mengatakan, ada tiga tiang listrik dan satu gardu yang rusak menyebabkan pemadaman listrik. “Saat kejadian kemarin, saya juga turun langsung ke lapangan memantau perbaikan hingga pukul 22.00, agar dengan harapan cepat terselesaikan,” katanya.

Saut menambahkan, pihaknya telah mengajukan penggantian tiang-tiang lama yang sudah tua seperti tiang semen, karena banyak kejadian tiang yang tumbang di Rayon Mempawah ini rata-rata tiang yang lama. “Kita sudah mengajukan penggantian ke kantor pusat, tinggal menunggu persetujuan saja untuk mengganti tiang mulai dari Sungai Pinyuh hingga ke Mempawah,” pungkasnya. (sky)