Pasar Tradisional Semakin Baik

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Evaluasi yang dilakukan Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kota Pontianak menyimpulkan bahwa ketertiban maupun kondisi komoditi pasar tradisional saat ini semakin baik.

“Hasil evaluasi yang dilakukan menunjukkan pasar-pasar sudah ada perubahan yang lebih baik. Mulai dari penjualan hingga pemotongan ayam di pasar tradisional,” kata Hidayati, kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kota Pontianak, baru-baru ini.

Pihaknya mengaku akan terus melakukan pendampingan dan pemantauan kepada sejumlah pasar tradisional yang ada di Kota Pontianak. Termasuk melakukan inspeksi mendadak bersama sejumlah instansi lain pada momen-momen tertentu, maupun terkait isu yang berkembang.

“Pengawasan yang dilakukan itu untuk melihat apakah ada barang-barang berbahaya yang dijual. Ini terkait misalnya dengan permintaan masyarakat tentang keamanan barang yang dikonsumsi,” katanya.
Terkait hal itu, pihaknya juga mengaku telah memberikan pendampingan kepada pedagang terkait kondisi barang yang dijual. Kepada pedagang ayam potong misalnya, pihaknya memberikan pendampingan bagaimana cara mengeluarkan isi perut ayam yang akan dijual.

“Sudah tiga tahun kami melakukan pembinaan tapi masih ada yang protes,” katanya.

Hidayati mengharapkan dengan semakin baiknya kondisi suatu pasar ini, maka masyarakat akan senang. Pasar pun akan semakin ramai dikunjungi, sehingga peredaran uang meningkat dan otomatis pedagang mendapat untung.

“Kami berharap penilaian yang sudah diperoleh bisa ditingkatkan,” tutup Hidayati. (fik)