2016, Jembatan Kapuas III Dibangun

Tinggi 38 Meter, Bisa Dilalui Kapal Lawit

1495
Jembatan Kapuas

eQuator – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kalbar, Jakius Sinyor memastikan rencana pembangunan jembatan Kapuas III dapat dilalui oleh sejumlah kapal-kapal yang akan melintas di Sungai Kapuas.

Menurutnya, ketinggian jembatan Kapuas III yang direncanakan mulai dibangun 2016 tersebut memiliki ketinggian yang cukup untuk dilalui sejumlah kapal besar.

“Untuk Kapuas ketinggian 38 meter dari permukaan air laut pasang tertinggi. Kalau 38 meter ini tentunya kapal seperti KM Lawit bisa masuk,” ujar Kepala Dinas PU Provinsi Kalbar, Jakius Sinyor, Minggu (1/11)

Selain tinggi jembatan, panjang jembatan juga terbilang cukup panjang. Yaitu sekitar 240 meter dan lebih panjang dari jembatan Tayan yang saat ini hampir rampung pengerjaannya.

Jakius menjelaskan, saat ini untuk masalah sosial, seperti pembebasan lahan masih menunggu desain dari kementerian. Meksipun untuk studi kelayakan atau feasibility study (FS) sudah selesai.

“Untuk detailed engineering design (DED) atau perencanaan detail bangunan jembatan Kapuas III masih menunggu kementerian. Saya rasa mulai rampung,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk pembebasan lahan tentunya hal tersebut merupakan tugas daerah. “Jadi tugas daerah untuk melakukan pembebasan lahan sebagai langkah percepatan pembangunan Kapuas III,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PU Provinsi Kalbar, Anugrah Rachmanto menyatakan, pembangunan jembatan Kapuas III dimungkinkan akan segera dimulai tahun depan.

Menurutnya, pembangunan jembatan Kapuas III seiring dengan pembangunan lanjutan rencana Jalan Lingkar Luar (Outer Ring Road). “Tahun ini, FS sudah selesai termasuk DED tinggal menyiapkan ketetapan titik-titik koordinat oleh Gubernur Kalimantan Barat,” ujarnya.

Menurutnya, titik pasti koordinat belum dapat dipastikan, karena khawatir adanya spekulan-spekulan terkait kesiapan ketetapan titik koordinat oleh Gubernur Cornelis. Anugrah optimis, jembatan Kapuas III akan lebih bagus dibanding jembatan Tayan.

“Jembatan akan dibangun di muara Sungai Kapuas di kawasan Jungkat dan melewati Pulau Panjang kawasan Wajok Hilir, Kabupaten Mempawah,” paparnya.

Reporter: Isfiansyah

Redaktur: Andry Soe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here