Berharap Jokowi Resmikan Bandara Tebelian

878
Proses pembangunan Bandara Tebelian masih berlangsung. IST/net

eQuator – Sintang-RK. Mantan Bupati Sintang, Milton Crosby berharap Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dapat meresmikan Bandar Udara (Bandara) Tebelian pada 2018 mendatang.

“Karena Bandara Tebelian ini Bandara Strategis Nasional yang merupakan pintu gerbang udara di Timur Kalbar,” jelas Milton saat berkunjung ke Bandara Tebelian, Selasa (19/11).

Lantaran keinginannya itulah, Penggagas Pembangunan Bandara Tebelian ini sangat berharap Bupati Sintang tepilih nantinya dapat melanjutkan pembangunan yang dirintisnya itu.

Dia mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang telah menyiapkan lahan untuk landasan pacu (runway) sepanjang 3,5 Kilometer. Tetapi, ke depannya perlu evaluasi Rencana Teknis Terinci (RTT)

“Lebih baik RTT ini di-review dengan menambah runway tahap tiga sepanjang 2,3 Kilometer, agar dana bantuan pusat untuk pembangunan Bandara Tebelian terus mengucur. Sehingga 2018 sudah siap untuk pendaratan pesawat-pesawat berbadan besar,” kata Milton.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dihubkominfo) Sintang, Hatta mengatakan, pembangunan Bandara Tebelian terus berlanjut, meski berganti Bupati.

“Pemerinth Pusat tidak ada masalah. Komunikasi dan komitmen dengan Pemerintah Pusat berjalan baik. Tanggungjawab kita pembebasan lahan sudah selesai. Akses jalan masuk dan pembangunan Gedung VIP, serta pengelolaan lahan parkir sudah dilaksanakan,” papar Hatta.

Selanjutnya, ungkap Hatta, akan dibangun jalan masuk Bandara dengan pagar di kiri dan kanannya. “Pagar kiri dan kanan jalan masuk ini diharapkan dapat mencegah bangunan liar. Karena jalan ini bukan jalan umum, tetapi jalan khusus Bandara yang bebas hambatan,” jelasnya.

Sementara itu, Konsultan Pengawas Pembangunan Bandara Tebelian dari PT Java Bima Citra, Sudiman menargetkan pembangunan fasilitas Bandara terus dipacu, agar selesai tepat waktu, sekitar satu bulan lagi.

“Beberapa paket pekerjaan yang terus di pacu saat ini yaitu pengerjaan Apron, penambahan aspal runway, pekerjaan lingkungan terminal seperti pelataran parkir, finishing terminal, perumahan karyawan, dan pemasangan box lampu runway,” papar Sudiman.

Pekerjaan lampu dan marka, tambah Sudiman, ditargetkan selesai dalam sepekan ini. “Setelah seluruh fasilitas ini siap, kembali akan dilakukan test flight kedua pada malam hari, menggunakan pesawat kalibrasi,” ungkapnya.

 

 

Laporan: Achmad Munandar

Editor: Mordiadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here