Wabup: Sukseskan Kampung KB

Kampung KB. Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus membuka acara pencanangan Kampung KB di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Selasa (20/12). Syamsul Arifin/RK.

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mengatakan, pencanangan Kampung KB di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya merupakan agenda kegiatan percepatan pembangunan kependudukan dan keluarga berencana di Kabupaten Kubu Raya, Selasa (20/12).

“Saya sangat mengharapkan keterlibatan semua dinas/instansi untuk mengarahkan program dan kegiatan di Desa Limbung,” ucap Wabup Hermanus usai membuka acara pencanangan Kampung KB di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya.

Sekadar diketahui, pencanangan Kampung KB merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Nomor:440/JO/SJ tertanggal 11 Januari 2016. Ditujukan kepada seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia. Isinya menginstruksikan agar seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia memberikan dukungan untuk menyukseskan pelaksanaan pencanangan Kampung KB.

Sementara itu, secara nasional Kampung KB telah di-launching Presiden Joko Widodo pada 14 Januari 2016. Bahkan, telah ditindaklanjuti dengan pencanangan Kampung KB tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Sekadau. Sedangkan pada 10 Februari 2016, Kabupaten Kubu Raya telah melakukan pencanangan Kampung KB di Desa Mekar Sari, Kecamatan Sungai Raya.

“Sebab walaupun namanya Kampung Keluarga Berencana, bukan berarti hanya BKKBN dan SKPD KB saja yang terlibat dalam penyelenggaraan Kampung KB ini. Kampung KB merupakan miniatur dari upaya-upaya untuk membantu keluarga di dalam perencanaan kehidupan berkeluarga, meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan membantu masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraannya,” ulasnya.

Melalui fasilitas, Wabup menambahkan, pemberdayaan dan pembinaan dari aparatur pemerintah Kampung KB harus diselenggarakan bersama-sama secara sinergis dan terpadu oleh lintas sektor.

“Dan organisasi masyarakat, organisasi wanita dan para lembaga swadaya masyarakat didukung oleh para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan lain-lain. Kampung KB merupakan program keroyokan untuk mencapai hasil yang optimal,” timpalnya.

Apalagi kondisi Desa Mekar Sari paska pencanangan kemarin mengalami banyak perkembangan. Mulai dari pencapaian peserta KB yang sudah mulai mengalami peningkatan serta administrasi kependudukan yang sudah mulai terdata baik. Seperti akta kelahiran, KTP dan kartu keluarga (KK), pemberian tempat sampah serta perbaikan infrastruktur pada jalan utama di Desa Mekar Sari.

“Saya minta masyarakat untuk segera mengambil peran sesuai dengan tugas fungsi masing-masing dalam pelaksanaan Kampung KB ini. Mari kita semua bersatu membangun Kubu Raya melalui tekad semangat dan upaya nyata yang dilakukan melalui Kampung KB,” harapnya. (sul)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!