Via.com – Travel Pak Kasih Jalin Kerjasama

Tinggalkan Cara Konvensional, Beralih ke Digital

TUMPENG. Merayakan kerjasama via.com dengan Travel Pak Kasih dengan potong tumpeng saat acara media gathering bersama sejumlah wartawan di Kantor Travel Pak Kasih, Rabu (26/10) Jalan Pak Kasih. Gusnadi-RK

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Teknologi informasi yang semakin berkembang dapat diterapkan dalam segala bidang usaha. Tak terkecuali usaha travel, mau tidak mau pun harus mengikuti perkembangan zaman.

Atas dasar itu, Travel Pak Kasih menjalin kerjasama dengan perusahaan travel online, Via.com.  Sebelumnya memang via.com sudah membidik Kota Pontianak lantaran potensi wisatanya yang semakin berkembang bahkan jumlahnya sangat banyak di Kalbar.

“Kita pilih Pontianak sebab melihat potensi masyarakat dan Pariwisata di Pontianak sendiri sangat mendukung untuk dilakukan bisnis pariwisata berbasis digital. Ditambah masyarakat sekarang sudah sangat pintar, terlebih dalam penggunaan teknologi seperti smartphone,” ujar General Manager (GM) GM Via.com, Theresia Vira Danoriko, dalam acara media gathering di kantor Travel Pak Kasih, Rabu (26/10) Jalan Pak Kasih.

Dijelaskan Theresia, Via.com yang berkedudukan di Jakarta tersebut lahir sebagai perusahaan perjalanan berbasis digital dengan produk yang paling lengkap dan memiliki pengalaman beroperasi di beberapa Negara, seperti India, Filipina, Indonesia, Singapura, UEA, dan Thailand. Namun pihaknya masih memandang perlu pengembangan, sehingga merangkul Travel Pak Kasih untuk membangun kerjasama sebagai representative Office Via.com.

“Tentunya kita melihat alasan lain yang mana Pak Kasih sendiri sudah memiliki pengalaman dan fokus di dunia Pariwisata, serta memiliki track record yang sangat baik dan jam terbang yang tinggi, terlebih pula pemiliknya dipercaya untuk menjabat Ketua DPD ASITA Kalbar,” ungkapnya.

Dengan adanya sinergiritas tersebut, Theresia berharap Kota Pontianak bisnis pariwisatanya dapat berkembang. Pak Kasih Travel, nantinya akan mendorong kota-kota lain dalam mengembangkan bisnis pariwisata berbasis digital.

“Dengan cara masyarakat Pontianak dapat melakukan pelatihan dengan mudah dan kapanpun di Travel Pak Kasih yang merupakan rekanan dari Via.com,” kata Theresia.
Sementara Ketua Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (Asita) Kalbar Nugroho Henray Ekasaputra menyambut baik adanya peresmian Representative office dari Via.com di Kalimantan Barat “Via.com Menyediakan platform yang berupa reservasi, baik tiket, hotel, bus. Artinya ini sangat canggih bisa membantu bisnis travel agen yang ada di Kota Pontianak, terlebih bagi agen konvensional,” ujarnya.

Pria yang akrab dengan sapaan Henray ini menjelaskan, masih banyak travel agen yang menggunakan cara-cara konvensional. Hal tersebut karena terkendala dari segi dana dan SDM. Sebab, travel digital harus deposit ke beberapa maskapai.

“Bayangkan saja jika satu maskapai Rp2 juta, kalau ada 5 sudah berapa biaya yang harus mereka didepositokan. Sementara dengan Via.com mereka hanya melalui satu pintu untuk bekerja sama dengan beberapa maskapai dan merosotnya hanya Rp1 juta, jadi ini memang mempermudah,” katanya.

Namun lanjut dia, dengan adanya Via.com bukan berarti menjadi pesaing bagi travel konvensional. Dengan kecanggihan teknologi yang sudah ada harus menyesuaikan diri. Jika dulu orang yang ingin pesan tiket harus menunggu hingga satu jam, sekarang tidak lagi. Hanya dalam hitungan menit sudah bisa tahu informasi yang ingin peroleh tentang tiket, realtime, dan mengenai pangsa pasar.

“Tentu travel- travel yang sudah tergabung di Asita ini sudah memiliki member dan pangsa pasar tersendiri, artinya dari segi peningkatan pelayanan bisa melalui Via.com,” tutupnya. (agn)