Uang Rp 30 Miliar di KM Lestari Maju Aman

23
ilustrasi. net

eQuator.co.id – BANYAK netizen tertipu narasi rekaman video yang menggambarkan karamnya kapal motor (KM) Lestari Maju di perairan Selayar. Narasi itu mengungkapkan bahwa uang tunai Rp 30 miliar yang dibawa kapal tersebut tercecer di laut. Padahal, ceceran benda di laut tersebut bukan uang.

KM Lestari Maju yang karam di perairan Selayar memang membawa uang tunai Rp 30 miliar. Uang tersebut milik Bank Sulselbar yang hendak dikirim ke Kepulauan Selayar. Koran Jawa Pos pada terbitan Kamis, 5 Juli, kemarin sebenarnya sudah menurunkan fakta atas kejadian itu. Uang tunai Rp 30 miliar itu aman, tidak tercecer di laut seperti video yang diberitakan salah satu media online tersebut.

Kepastian itu didapat dari Kepala BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Dia menyebut uang yang digunakan untuk menggaji PNS itu berada di dalam mobil Bank Sulselbar. Mobil tersebut masih ada di kapal yang kandas. ’’Dipastikan aman karena ada petugas sekuriti yang terus menjaga. Diselamatkan setelah proses evakuasi manusia selesai,’’ kata Sutopo.

Portal berita Fajar.co.id (Jawa Pos Group) sebelumnya juga memastikan kabar itu. Di antara benda yang mengapung di laut saat kejadian karamnya KM Lestari Maju itu mi instan. Namun, hingga kemarin, Jawa Pos masih menemukan banyak netizen yang teperdaya membagikan posting-an video dari sebuah portal berita nasional tersebut. (Jawa Pos/JPG)