Tinju Bisa Mempererat Hubungan Antarnegara

97
KETEMU EKS PRESIDEN. Pelatih Tinju Profesional Kalbar, Damianus Yordan (kemeja garis putih biru), bersama mantan Presiden Timor Leste, Ramos Horta (kemeja biru), di Dili, Minggu (27/11). Mereka sepakat mempertandingkan Iwan Zoda dengan petinju top Timor Leste. Damianus for Rakyat Kalbar

eQuator.co.id – Animo sebagian masyarakat khususnya fans Iwan Zoda yang menginginkan agar Sang Sniper bertanding di Timor Leste bakal dipenuhi. Hal itu disampaikan pelatih tinju profesional Kalbar, Damianus Yordan, usai bertemu mantan Presiden Timor Leste, Ramos Horta, Minggu (27/11) malam.

“Yang intinya pihak Timor Leste ingin petinju kita Iwan Zoda bertanding di Dili,” terangnya kepada Rakyat Kalbar.

Dalam pertemuan tersebut, baik Daminaus maupun Ramos berbincang banyak hal, utamanya terkait bagaimana membangun hubungan baik antar dua negara, yang salah satunya melalui dunia olahraga. “Dalam pembicaraan kami, saya sampaikan kepada beliau bahwa kita harus melanjutkan pembinaan yang berkelanjutan melalui pertandingan tinju tingkat internasional,” ujar Damianus.

Lanjut dia, hasil pertemuan tersebut akan ditindaklanjuti dengan pembicaraan soal teknis jadwal pelaksanaan pertandingan. “Kemungkinan dalam waktu dekat ya, 2017,” bebernya.

Joao Rodriguez, Direktur Nasional Pemuda dan Olahraga Timor Leste, yang juga hadir dalam kesempatan itu pun setuju pembinaan kontinyu melalui gelar pertandingan tinju akan terus dilakukan. “Kami sepakat untuk membicarakan lebih lanjut rencana pertandingan tinju internasional antara Iwan zoda dan beberapa petinju top tanah air yang memang sudah sangat populer di Timor Leste ini untuk tampil bersama petinju Timor Leste,” tutur Joao.

Sementara itu, Penata Tanding asal Timor Leste, Joel Pareira mengakui, di negaranya, masyarakat sangat mengenal petinju Indonesia dari berbagai generasi. Seperti Ellyas Pical, Chris John, sampai Daud Yordan dan Iwan Zoda. Dengan demikian, dia berharap beberapa waktu kedepan bisa menampilkan para petinju tersebut ke Dili.

“Ramos Horta sangat senang menyaksikan pertandingan tinju, jadi kami sangat yakin akan mendapat dukungan dari pihak pemerintah Timor Leste,” ujar Joel.

 

Laporan: Fikri Akbar

Editor: Mohamad iQbaL