Tingkatkan Potensi Wisata Paloh

Potensi Wisata: Pantai Mauludin salah satu pantai unggulan yang memiliki pentensi wisata, selain air laut yang biru, kebersihan pantai masih terjaga dan alami. Foto Akhmad For Rakyat Kalbar.

eQuator – Sambas-RK. Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Akhmad, meminta Pemkab Sambas melalui instansi terkait gencar mempromosikan wisata pantai di Sambas.

Khususnya wisata pantai di Kecamatan Paloh. Karena banyak potensi wisata unggulan yang ada di kawasan perbatasan antarnegara ini.

“Kecamatan Paloh banyak memiliki potensi wisata pantai unggulan. Seperti Pantai Tanah Hitam, Selimpai, Mutusan, Kampak, Tanjung Kemuning, Teluk Siapi-api, Tanjung Bendera, Teluk Limau Manis, Camar Bulan, Pantai Temajuk Kecil dan Pantai Mauludin,” kata Akhmad kepada Rakyat Kalbar saat berkunjung di dapur redaksi belum lama ini di Sambas.

Menurut pria yang pernah menggelar Event Festival di Ujung Negeri di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh ini menjelaskan, selain wisata pantai, Paloh juga memiliki potensi wisata hutan mangrove dan wisata ziarah Batu Bejamban. “Sayangnya potensi ini kurang dikembangkan, hanya dari mulut ke mulut saja. Belum lagi potensi wisata pancing di laut dan muara Paloh,” ungkapnya.

Untuk wisata memancing, jelasnya, setiap hari Sabtu dan Minggu selalu saja ada yang datang, baik dari Sambas maupun luar Sambas. Dampaknya sangat membantu ekonomi masyarakat, diantaranya penyewaan motor bangkong warga. “Kalau setiap hari Sabtu dan Minggu dapat dipastikan bangkong warga dicarter oleh pemancing, termasuk makan dan minum disiapkan. Tentunya ini sangat baik, jika gencar dipromosikan,” bebernya.

Melihat potensi ini, Pokdarwis berharap instansi terkait di lingkungan Pemkab Sambas dapat mendukung potensi wisata yang ada. Baik pantai, wisata mangrove ataupun wisata pancing. Sehingga dapat mendukung perekonomian rakyat, seperti bekerjasama dengan media cetak yang ada di Sambas, khususnya media harian. “Kami berharap instansi terkait di lingkungan Pemkab Sambas jeli melihat potensi unggulan ini,” harapnya. (edo)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!