Tiga Nelayan Kapal Tenggelam Ditemukan Selamat

14
PENCARIAN. Tim gabungan saat melalukan pencarian--Kantor SAR Pontianak for RK

eQuator.co.idPontianak-RK. Tiga nelayan asal Semparuk yang sebelumnya tenggelam di perairan Pulau Baru, Kabupaten Bengkayang, kini sudah ditemukan dalam keadaan selamat.

“Ketiganya ditemukan mengapung, dan berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan dengan menggunakan RIB (rigit inflatabel boat), yakni atas nama Hengki (36), kemudian Rahmat (45), dan Sapidi (41),” kata Kepala Kantor SAR Pontianak, Hery Marantika kepada sejumlah wartawan, Sabtu (15/9). dihubungi di Pontianak.

Ia menjelaskan, ketiga nelayan tersebut sudah diserahkan kepada keluarganya masing-masing. “Alhamdulillah berkat informasi yang cepat dari masyarakat ketiganya bisa ditolong dalam keadaan selamat siang tadi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ditemukan ketiga nelayan tersbeut berada di sekitar 3 NM (nautical mile) dari lokasi tenggelamnya kapal mereka.

Seperti yang diketahui, kapal mereka merupakan kapal trol. Kapal ini bertolak dari Pelabuhan Sintete untuk menuju perairan Pulau Baru. Belum sampai ke tujuan, kapal mereka tenggelam, Sabtu pagi.

Hery melanjutkan, dalam melakukan pencarian dan pertolongan tersebut, pihaknya memberangkat dua tim rescue untuk bergabung dengan instansi terkait.

“Belum diketahui pasti penyebab tenggelamnya kapal trol ini. Tapi Alhamdulillah, korban sudah ditemukan selamat,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Hery membali mengimbau kepada para nelayan yang akan turun melaut agar selalu mengecek peralatan keselamatan sebelum turun ke laut.

“Utamakanlah keselamatan saat akan turun melaut mencari ikan, dengan mengecek peralatan keselamatan terlebih dahulu, seperti jaket pelampung, peralatan komunikasi, kelaikan kapal, dan termasuk melihat informasi cuaca di BMKG Maritim,” imbaunya. (oxa)