Tiga Kasat Polres Kapuas Hulu Diganti

554
FAKTA INTEGRITAS: Pergantian unsur pimpinan Polres Kapuas Hulu dengan penandatanganan faktaintegritas di halaman Mapolres Kapuas Hulu, Senin (30/11). ANDREAS-RK.

eQuator – Putussibau-RK. Kepala Satuan (Kasat) Reskrim, Lantas dan Intel di Polres Kapuas Hulu diganti. Serah terima jabatan (Sertijab) tiga perwira yang semua berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) tersebut dipimping langsung Kapolres kapuas Hulu AKBP Sudarmin SIK, Senin (30/11) di Halaman Mapolres Kapuas Hulu.

Menurut Kapolres mutasi di dalam tubuh Polri merupakan hal wajar. Tujuannya untuk penyegaran jabatan dan pembinaan karir serta menambah wawasan kerja anggota.  “Rolling jabatan ini juga untuk memelihara dinamika organisasi dari berbagai tingkatan dan kesatuan,” katanya.

Adapun unsur pimpinan yang berganti yaitu AKP Siswadi sebelumnya menjabat Kasat Reskrim Kapuas Hulu dimutasi ke Polres Melawi. Ia digantikan IPTU Charles Berto Nikolas Karimat  yang sebelumnya menjabat PS Kanit Subdit III, Ditreskrimsus Polda Kalbar. AKP Niki Ramdani, Kasat Intel Polres Kapuas Hulu digantikan IPTU Suroso yang sebelumnya menjabat KBO Intel Polres Kapuas Hulu. Sementara AKP Anita Magdalena Sitinjak, Kasat Lantas Polres Kapuas Hulu yang melanjutkan pendidikan di PTIK digantikan IPTU Sukamto dari KBO Satlantas Polres Sintang.
Dikatakan Sudarmin, pergantian tiga perwira tersebut bukan karena kinerjanya tidak bagus. Salah satunya,ada beberapa perwira yang diganti sebelumnya ini lulus Sekolah Polisi Negara (SPN) kemudian mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). “Begitu juga dengan Kasatreskrim AKP Siswadi ini, kerjanya juga bagus. Makanya dipromosikan lagi Polres Melawi,” ucap Kapolres
Sudarmin berharap, tunggakan kasus yang ditinggalkan Kasat sebelumnya bisa dilanjutkan hingga selesai oleh pejabat yang baru ini. Sudarmin menjelaskan, kasus kriminal di Kapuas Hulu rata-rata hanya 20 kasus perbulan dan penyelesaianya mencapai 80 persen. Saat ini Polres Kapuas Hulu memiliki tunggakan kasus seperti judi, penganiayaan, pemerkosaan, penggelapan dan lainnya. “Seingat saya masih ada 10 tunggakan kasus yang belum selesai. Tapi semuanya  tinggal menunggu P21 dan ada juga menunggu pemberkasan,” terang Perwira Menengah dari Direktorat Reskrimsus Polda Kalbar ini.
Pria yang sebelumnya menjabat Kasubdit III Direktorat Reskrimsus Polda Kalbar berpesan agar ditempat yang baru nanti perwira yang dimutasi ini bisa secepatnya menyesuaikan diri dengan anggota yang lain. “Agar kekompakan dan kebersamaan antar anggota cepat terjalin. Dengan harapan tugas yang di amanahkan sebagai pelindung dan pengayom masyarakat selalu berjalan baik. Sehingga masyarakat dapat lebih percaya pada polisi,” demikian lulusan Akpol 1997 ini. (dRe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here