Terganjal Moratorium, Pemekaran Kapuas Raya Masih Belum Pasti

H Subhan Nur

eQuator.co.id – PONTIANAK-RK. Sekalipun seluruh persiapannya telah matang dan tidak ada persoalan, jika moratorium belum dicabut selama itu pula pemekaran wilayah tidak bakal terwujud. Termasuk Provinsi Kalbar yang mewacanakan provinsi Kapuas Raya.

Selama rentang waktu berjalan, muncul kabar bahwa pemerintah pusat tengah membahas beberapa pemekaran tak terkecuali Kapuas Raya. Setidaknya ini menunjukkan angin segar bahwa ada kemungkinan moratorium tersebut dicabut. “Kuncinya moratorium, kalau dicabut sudah pasti bisa pemekaran itu,” ujar H Subhan Nur, Anggota DPRD Kalbar, Senin (1/7).

Meski pembahasan telah dilakukan dengan melibatkan banyak pihak, kembali lagi pada moratorium itu sendiri. “Bagaimana bisa berhasil, moratorium belum dicabut,” cetus Politisi Partai Nasdem ini.

Menurutnya pemerintah daerah seperti gubernur, wali kota maupun bupati yang ingin pemekaran wilayah telah dilakukan, dikatakan dia setidaknya itu merupakan upaya langkah persiapan sehingga apabila moratorium benar telah dicabut maka hanya tinggal menunggu proses persetujuan pemerintah pusat saja.

“Sekarang gubernur sudah setuju, pemekaran kabupaten sudah tidak ada masalah, apa lagi yang dipermasalahkan. Kuncinya di pusat. Permasalahannya sampai sekarang moratorium belum dicabut, makanya tidak ada pemekaran,” tukasnya.

Lantaran ini merupakan kebutuhan pemerintah daerah dalam memajukan daerahnya dan daerah baru yang bakal dimekarkan, pemerintah pusat diharap mampu mengaji secara mendalam agar moratorium itu segera dapat dicabut.

“Kita mendesak pemerintah pusat untuk segera mencabut moratorium karena sudah dibutuhkan untuk kemajuan daerah,” pintanya. (agn)

 

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!