Tak Beroperasi Bukan Berarti Tak Bermanfaat

Ketika Bandara Susilo “Beralihfungsi”

23
BANDARA SUSILO. Masyarakat Sintang beraktivitas di Bandara Susilo, Senin sore (3/9). Benidiktus Krismono-RK
BANDARA SUSILO. Masyarakat Sintang beraktivitas di Bandara Susilo, Senin sore (3/9). Benidiktus Krismono-RK

eQuator.co.id – Sintang-RK. Semenjak transportasi jalur udara Sintang dialihfungsikan ke Bandara Tebelian di Kecamatan Sungai Tebelian, Bandara Susilo di Kecamatan Sintang tidak lagi beroperasional. Meski begitu, bandara lama itu tetap memiliki manfaat positif bagi masyarakat Sintang.

Bandara Susilo masih ramai dikunjungi masyarakat Sintang setiap harinya. Terutama pada sore hari.

Ratusan masyarakat yang terdiri dari anak-anak, remaja, dan dewasa, punya kegiatan tersendiri di sana. Mulai dari jogging, bersepeda, hingga jalan santai. Pokoknya refreshing. Pun Bandara Susilo jadi tempat hunting (berfoto) para remaja.
Salah seorang mahasiswi Universitas Kapuas Sintang, Refka Dewi, memanfaatkan Bandara Susilo sebagai sarana olah raga. “Lari santai, sambil refreshing,” tuturnya, Senin (3/9).

Baca Juga: Persiapan Operasional Bandara Internasional Tebelian Sintang

Alasannya, menurut Dewi, Bandara Susilo luas. Pemandangannya juga bagus. Masyarakat yang datang ke sana pun ramai.

“Jadi kalau joging disini tentunya tambah semangatlah hehehe,” selorohnya.
Manfaat positif ini diakui pengunjung tetap lainnya, Syarifah. “Berhubung saya suka hunting, berfoto atau selfie apalah kata kids jaman now, saya dan teman teman selain joging juga memanfaatkan tempat ini untuk foto-foto gitu,” terang siswi SMAN 2 Sintang itu. Imbuh dia, “Tempatnya bah bagus, luas lagi, udaranya pun terasa sejuk dan segar karena banyak angin”.

Keramaian inipun menjadi sumber rejeki tersendiri bagi para pedagang yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Di sekitar pagar sebelum pintu masuk ke daerah landasan. (ben)