Syech Ali Jaber Beri Ceramah di Tabligh Akbar di Melawi

MENYAMBUT. Ratusan warga Melawi saat menyambut kedatangan Syech Ali Jaber dan rombongan IPHI ketika sampai di kediaman H. Sukiman. Dedi Irawan/RK

eQuator.co.id – Nanga Pinoh-RK. Syeikh Ali Jaber mengisi ceramah pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Melawi di lapangan MTQ Desa Kenual Kecamatan Nanga Pinoh.

Rombongan yang terdiri dari Syekh Ali Jaber, H. Sukiman, Spd., MM selaku ketua IPHI Melawi yang juga anggota DPR RI, Drs. H. Ria Norsan, MM, MH selaku Ketua IPHI Kalbar yang juga Bupati Mempawah, datang menggunakan pesawat dari Pontianak ke Sintang, dan melanjutkan perjalananya ke Melawi menggunakan mobil.

Sesampai di Melawi, rombongan disambut ratusan warga di kediaman H. Sukiman. Yang kemudian dilanjutkan dengan makan bersama. Hingga memasuki shalat dzhuhur yang dilaksanakan berjamaah di masjid Ibnu Taimiah. Kegiatan tabligh akbar sendiri dilaksanakan pada pukul 14.00.

Pantauan lapangan, sebelum kegiatan dimulai, ribuan masyarakat sudah menanti di lokasi kegiatan. Tak hanya warga dalam dalam kota Nanga Pinoh saja, namun dari pelosok desa yang berada di kecamatan perhuluan Melawi juga berbondong-bondonh datang, walaupun duduk dan berpanas-panasan duduk di belakang mobil pikap. Hal itu dilakukan semata-mata karena keingintauan masyarakat, baik ingin mendengarkan maupun melihat lansung ceramah dari imam Masjid Nabawi tersebut.

Melihat hal itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Melawi, H. Rohadi, menyampaikan, ucapan terimakasih kepada IPHI Kalbar dan Melawi yang sudah berinisiatif melaksanakan tabligh akbar di Melawi, yang mendatangkan Imam Masjid Nabawi, Syech ali Jaber sebagai Penceramah. “Ini sangat luar biasa, dimana masyarakat sangat ingin mendengarkan ceramah dan melihat Imam Masjid Nabawi, dan bisa dihadirkan oleh IPHI,” ucapnya usai shalat dzuhur berjamaah.

Sementara itu, H. Munir, Ketua Sajadah Fajar Kota Pontianak mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, tentu sangat baik dimana supaya mengetahui bahwa kita harus bersatu. Islam itu satu, tidak boleh kita membedakan, dan hanya karena berbeda hal yang kecil terjdi perpecahan. “Jangan ada lagi membedakan ini NU, ini Muhamdiyah dan sebagainya. Hal itu yang tidak kita inginkan. Karena Islam itu satu, tujuan kita menegakan syariat Islam,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua IPHI Kalbar, H. Ria Norsan, pada kesempatan itu menyampaikan, sangat bahagia bisa kembali menginjak kabupaten kelahiran ayahnya. Dimana Ia merupakan anak dari seorang ayah yang lahir di Tanah Pinoh (Kota Baru) Kabupaten Melawi. “Ini suatu kebahagiaan bisa menggelar acaara tabligh akbar di Melawi ini. Karena Melawi merupakan kabupaten kelahiran ayah saja,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, pria yang juga menjabat sebagai Bupati Kabupaten Mempawah itu juga memperkenalkan IPHI kepada jamaah masjid Ibnu Taymiah. IPHI merupakan wadah para alumni Makkah dan Madinah, untuk mempertahankan kemambruran haji agar Khusnul Khatimah.

“IPHI juga menjadi wadah suri tauladan yang baik kepada masyarakaat, khususnya umat muslim. Nah, tabligh Akbar ini merupaakan salah satu caranya. Untuk itu IPHI kalbar mengucapkan terimakasih kepada ketua IPHI Melawi, yakni H. Sukiman. Yang mana berkat kerjasamanya dengan masyarakat dan para panitia, Tabligh Akbar ini bisa terlaksana. Ini juga berkat dukungan masyarakat Melawi,” ucapnya.

Pada kesempatan itu pula, Norsan mengajak seluruh masyarakat dan alumsi Makkah dan Madinah untuk terus menjaga dan mempererat talisilaturahmi. “Karena menjaga kebhinekaan dan tali silaturahmi merupakan tanggung jawab kita umat manusia di bumi ini. Ini sudah barang tentu untuk memperkuat persatuan dan kesatuan NKRI,” pungkasnya. (Ira)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!