SMK Negeri 1 Sukadana Studi Banding ke Pontianak

DHARMAWISATA: Murid SMK Negeri 1 Sukadana, KKU, mengelar studi banding praktek pemandu wisata untuk menyogsong Sail Selat Karimata. ISTIMEWA.

eQuator-  SUKADANA. Siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sukadana, Kabupaten Kayong Utara (KKU) mengelar studi banding Praktek Pemandu Wisata ke Kota Pontianak, Mempawah dan Kota Singkawang. Kegiatan ini dilaksanakan selama emapat hari, 21-24 Desember 2015.

Adapun sasaran objek yang dituju adalah Kota Pontianak, Singkawang dan Mempawah. Di kota Pontianak peserta didik menuju ke Istana Qadariah, Masjid Jami, Mujahidin Pontianak, Museum, dan Rumah Radank serta sentra Bisinis. Sedangkan di Singkawang yaitu Pasir Panjang, Mimi Land dan Mempawah yaitu di Wisata Nusantara..

“Kegiatan studi banding Pemandu Wisata ini, baru lah kali pertama dilakukan. Hal ini, tentunya tidak terlepas ditunjuknya Kabupaten Kayong Utara sebagai tuan rumah kegiatan Sail Selat Karimata, yang akan diusung pada tahun 2016 mendatang,” kata Jamani, Kepala Program Usaha Perjalanan Wisata SMKN 1 Sukadana yang juga alumni IAIN Pontianak tahun 2002 silam.

Menurut dia, SMK Negeri 1 Sukadana ini merupakan satu-satunya sekolah Kejuruan (SMK) program keahlian Pariwisata yang terdapat di Kabupaten Kayong Utara. Dan pada jurusan ini, sambung dia, peserta didik dibekali berbagai kompetensi dalam melakukan pelayanan dibidang Usaha Perjalanan Wisata.

Berbagai kompetensi yang dikuasai berawal dari menerima dan memproses reservasi tiket sesuai permintaan pelanggan. Mengurus transportasi perjalanan domestic maupun internasional beserta dokumen-dokumen yang berhubungan.

Kemudian menjadi pemandu wisata, baik di perjalanan wisata maupun aktraksi/obyek wisata, layanan transfer. Menghitung harga paket perjalanan dan menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata, menjual produk wisata dan melaksanakan tugas tata operasi darat (ground handling) dan sebagai pengelola informasi wisata lainya.

“Berawal dari itu lah, dan menyongsong Sail Karimata Tahun 2016 merupakan Suatu keharusan bagi SMK Negeri 1 Sukadana Khususnya Jurusan Pariwisata untuk ikut serta dan mensukseskan kegiatan bertaraf internasional tersebut. Untuk Program studi banding Praktek Pemanduan Wisata (Cultutre Tour, Pilgrim, ecotourism) diharapkan peserta didik dapat pengalaman baru, belajar secara nyata dengan berkunjung ke Objek Wisata secara langsung,” terang Jamani.

Kepala Sekolah SMKN 1 Sukadana, Tulus SPd mengatakan sangat mendukung kegiatan praktik pemanduan tersebut. Agar dapat menjadikan lulusan SMK Negeri 1 Sukadana memiliki lulusan yang berkualitas pada Bidang keahliannya.

Menurut Tulus, pada tahun 2016 nanti, Sekolah memprioritaskan pengadaan sarana Jurusan Pariwisata sehingga peserta didik akan lebih mudah melaksanakan praktik pembelajaran, dan dapat diandalkan nantinya saat kegiatan Sail Selat Karimata.

Sehingga, kata Tulus ,SMK pariwisata merupakan asset bagi kemajuan pembangunan, khususnya di bidang Pariwisata di Kabupaten Kayong Utara.

“Peserta didik yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari kelas XI sesuai kurikulum mata diklat Produktif yang berjumlah 17 Orang siswa jurusan Usaha Perjalanan Wisata. Dan dalam pelaksanaannya didampingi Oleh Guru Produktif Novaliana, Abdullah Fikri SPd dan kepala Lab Pariwisata Suraya SPd,” ungkap Tulus. (lud)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!