SMAN 1 Pontianak Luncurkan Aplikasi Penghungung Orangtua dan Pihak Sekolah

92
PELUNCURAN APLIKASI. Suasana peluncuran aplikasi di SMAN 1 Pontianak--Suci Nurdini Setiowati/RK
PELUNCURAN APLIKASI. Suasana peluncuran aplikasi di SMAN 1 Pontianak--Suci Nurdini Setiowati/RK

eQuator.co.idPontianak-RK. Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Pontianak membuat terobosan baru. Satu aplikasi, baru saja diciptakan dan diluncurkan 28 Februari kemarin.

Aplikasi yang bernama ‘SMANSA Pontianak’ itu merupakan aplikasi sekolah yang berfungsi untuk menghubungkan pihak sekolah dengan orang tua murid, guru dan OSIS serta seluruh siswa-siswi secara online dan uptodate.

Aplikasi ini juga memberikan kemudahan dalam dalam penyampaian informasi seputar aktivitas siswa-siswi, jadwal kegiatan, ekstra kurikuler, pembayaran SPP online.

Kepala SMAN 1 Pontianak, Fatmawati M, Pd mengatakan, tujuan dari dibuatnya aplikasi ini adalah untuk mempermudah sistem informasi dan komunikasi yang ada di sekolah.

“Aplikasi ini sudah mulai direncanakan pada April 2017. Dimana tujuan pembuatanya adalah untuk lebih memudakan penyampaian informasi agar lebih efektif dan efisien. Apalagi sekolah kita ada 36 kelas dan 1.230 orang. Kalau ada yang tidak masuk satu orang, harus naik sampai lantai 3 mengantar surat izin, kan jadi nggak efisien,” tutur Fatmawati kepada Rakyat Kalbar.

Selain itu, Fatmawati juga mengucapkan terimakasih kepada para alumni SMAN 1 atas kontribusinya dalam pembuatan aplikasi ini.

“Ada request dari saya dan ketika ada alumni yang menawarkan aplikasi in, jadi ya saya sambut dengan senang hati. Jadi aplikasi ini pure dari alumni. Kita sekolah sama sekali nggak keluar biaya,” ujarnya.

Dalam aplikasi ini, akan ada enam fitur utama. Yakni galeri, informasi, obrolan, profil, prestasi dan fasilitas. Dimana pengguna dapat mengakses layanan ini dan dapat mengunduhnya di google play secara gratis.

Joni salah satu anggota tim sijagonetwork menerangkan fungsi dan keunikan yang terdapat dalam aplikasi tersebut.

“Aplikasi ini berfungsi untuk melengkapi sistem yang telah tercipta tidak menggantikan nilai yang sudah ada semuanya jadi tidak merusak tata yang baik. Disini yang unik kami melibatkan OSIS jadi profesional yang akan membantu memberikan informasi dan meng-update ekstra kulikuler atau lomba yang butuh like jadi bisa kesebar ke seluruh sekolah,” kata alum SMAN 1 Pontianak ini.

Rencananya, aplikasi yang dikembangkan oleh sijagonetwork ini akan lebih dikembangkan lagi dalam satu atau dua minggu ke depan agar optimal dalam penggunaanya.

Laporan: Suci Nurdini Setiowati

Editor: Ocsya Ade CP