Sinergisitas Tiga Element Kunci Sukses Pembinaan Anak

FAD Pilar yang Kokoh

FAD : Foto bersama saat pembukaan kegiatan Fasilitasi FAD di aula Hotel Multi, Sekadau Hilir, Rabu (20/3). Abdu Syukri-RK

eQuator.co.id – SEKADAU-RK. Forum Anak Daerah (FAD) merupakan pilar yang kokoh. FAD sebagai wadah organisasi  anak yang belum berusia 18 tahun. Forum ini  dikelola oleh anak-anak dan dibina oleh pemerintah sebagai media mendengar, memenuhi aspirasi, suara pendapat, keinginan dan kebutuhan sarana prasarana bagi anak.  Sehingga kegiatan-kegiatan positif bisa dilaksanakan dengan baik.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, saat membuka kegiatan  Fasilitasi Forum Anak Daerah (FAD) Kabupten Sekadau di aula Hotel Multi, Sekadau Hilir, Rabu (20/3).

“Forum anak dibina oleh pemerintah secara berjenjang dalam rangka memenuhi hak partisipasi anak,”kata Aloysius.

Aloysius menjelaskan  pembinaan itu diatur dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak nomor 4 tahun 2011 tentang Kebijakan Partisipasi Anak. “Untuk pembinaan tentu tidak terlepas dari pihak keluarga, sekolah dan pemerintah,” ucapnya.

Atas dasar tersebut, menurut Aloysius, pembinaan generasi muda, khususnya anak-anak ini perlu sinergitas antara tiga komponen, yaitu keluarga, sekolah dan pemerintah dalam melakukan pembinaan kepada generasi muda, khususnya anak-anak.  Dia  menegaskan, pemeritnah menjamin keberadaan hak-hak anak,  sehingga anak bisa nyaman di daerah itu. “Saya berpesan agar anak-anak yang mengikuti kegiatan ini bisa mengimplementasikan segala pengetahuan yang didapat,” ujar Aloysius.

Lanjutnya,  ilmu yang didapat generasi millennial ini bisa ditularkan kepada masyarakat dan teman sebayanya. “Sehingga, mungkin kedepan mereka bisa menjadi duta anti hoax, anti narkoba dan lain sebagainya,” harap Aloysius.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sekadau, Suhardi mengatakan, anak-anak merupakan generasi penerus cita-cita bangsa dan berpotensi  mengisi pembangunan. Selain itu, menurutnya,  anak-anak juga memiliki peran strategis dalam kelangsungan berbangsa. Setiap anak mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang optimal secara fisik dan mental. “Mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekitar serta berakhlak mulia” ujar Suhardi.

Untuk itu, lanjut Suhardi, anak perlu dukungan dalam pemenuhan kebutuhan akan hak-haknya, serta adanya perlakuan tanpa diskriminasi. Ia menambahkan, kegiatan tersebut dimaksud sebagai bentuk nyata Pemkab Sekadau memberikan dukungan penuh terhadap anak. “Ini juga bertujuan memberikan bekal pengetahuan yang cukup dalam hal berorganisasi agar kelak anak-anak mampu memikul tanggungjawab dalam menjamin kelangsungan idup bangsa dimasa mendatang,” jelas Suhardi.

Kegiatan tersebut juga bertujuan memenuhi kebutuhan hak anak dalam menyatakan pendapat sesuai dengan tingkat usia dan perkembangannya. Kemudian, pendapat anak-anak wajib dipertimbangkan dalam rangka kemajuan pembangunan yang berkaitan dengan anak. “Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari berbagai instansi dengan peserta yang terdiri dari pelajar SMP dan SMA yang berasal dari tujuh kecamatan di Sekadau,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebutAsisten I Setda setempat, Kasubbag Humas Polres Sekadau dan jajaran OPD di lingkungan Pemkab Sekadau, , Kajari Sekadau, Andri Irawan.

Laporan   : Abdu Syukri

Editor      : Ambrosius Junius

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!