Sikapi Keluhan Warga, RSUD Gelar ADS

135
Pemkab Sambas menggelar Lokakarya ADS Peningkatan Pelayanan RSUD Sambas dan Pemangkat.

eQuator – Guna meningkatkan pelayanan dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Sambas dan Pemangkat, Selasa (17/11), Bagian Organisasi dan Tatalaksana (Ortal) Setda Sambas menggelar Lokakarya Analisis Data Survei (ADS). Kegiatan di Aula Utama Kantor Bupati Sambas ini menyikapi pengaduan dan keluhan masyarakat terhadap pelayanan RSUD.

Kabag Ortal Setda Sambas, Dedy Zulkarnain menjelaskan, kualitas pelayanan belum sesuai harapan masyarakat menyebabkan masih muncul keluhan masyarakat terhadap pelayanan publik. Jika tidak disikapi, tentunya bisa berdampak buruk terhadap citra pemerintah dalam pemberian pelayanan publik.

“Di era reformasi saat ini, pemerintah terus berupaya untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik, sehingga citra negatif terhadap pemerintah dapat diperbaiki,” ujarnya mewakili Sekda Sambas, Jamiat Akadol.

Seluruh jajaran pemerintah yang melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat, seperti RSUD Sambas dan Pemangkat, jelasnya, harus memperbaiki pelayanan yang masih dianggap kurang. “Agenda besar Pemkab Sambas sebagai pilot project Reformasi Birokrasi, sedikit banyak juga bersinggungan dengan perbaikan pelayanan publik, seperti mewujudkan 9 Program Reformasi Birokrasi Pemkab Sambas.

Salah satunya, peningkatan kualitas pelayanan publik yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik,” terangnya.
Mantan Sekretaris BKD Sambas ini menegaskan, kegiatan mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik sama artinya dengan upaya peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap layanan RSUD.

Salah satunya, metode peningkatan kualitas pelayanan publik dengan partisipasi masyarakat. “Metode itu dilakukan dengan survei pengaduan masyarakat, dan hasilnya dianalisis guna mencari solusi perbaikan,” jelasnya.

Lokakarya ADS digelar untuk menampung pengaduan masyarakat, yaitu agar semua pihak memberikan perhatian terhadap masalah yang terjadi dan mendukung upaya perbaikan layanan. “Untuk menganalisis data itu, Pemkab Sambas akan melibatkan Bappeda, PKBI Sambas, maupun multi stakeholder Forum Pelayanan Publik Bidang Kesehatan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Asisten II Setda Sambas, Urai Santosa yang hadir mewakili Bupati Sambas mengapresiasi dilaksanakan Lokakarya ADS. “Kita harap melalui Lokakarya ADS dapat meningkatkan pelayanan RSUD Sambas dan Pemangkat, sehingga pelayanan akan lebih baik lagi.

Diharapkan peran serta masyarakat untuk menyampaikan pengaduan terhadap pelayanan yang telah ada, sehingga kita bisa memperbaiki sesuai harapan bersama,” pungkasnya. (edo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here