Shally: Yang Ikut-Ikutan Biasanya Tidak Bakal Lama

Sesuaikan dengan Passion

Shally Tri Yuanita, bersama keluarganya

Pontianak-RK. Shally Tri Yuanita, seorang pengusaha penjualan aneka barang secara online dan juga marketing property di PT Fachri Property Land, menyarankan bagi pengusaha pemula dapat menyesuaikan usaha dengan passion yang dimilikinya. Karena menurutnya, saat ini banyak juga fenomena pengusaha baru yang latah atau memulai usaha dengan sekedar ikut-ikutan trend. Alhasil, banyak produk-produk yang dijual pun hanya cukup membanjiri pasar, tanpa ada varian.

“Biasanya yang ikut-ikutan tidak betah lama. Mau berusaha lihat dulu apa kebutuhan konsumen, lihat pasar, sekarang apa yang lagi dibutuhkan,” katanya Jumat (26/2) kepada Rakyat Kalbar.

Namun demikian, tidak ada salahnya juga menurutnya, kalau seseorang itu mau coba-coba berusaha. Karena dengan mencoba, minimal dia sudah maju satu langkah. “Jangan pernah menyerah intinya,” ucapnya.

Selain berani mencoba, dia menyarankan bagi seseorang yang mau terjun kedunia usaha, hendaknya dapat mempersiapkan dulu beberapa hal, utamanya modal dan mental. “Jangan modal tidak kuat, mau berusaha. Nanti yang ada hutangnya kemana-mana. Dan yang paling penting juga menurut saya, satu hal, kalau usaha mau bertahan, berkembang dan maju jangan pernah mencurangi konsumen, karena satu saja kita curangi itu bakal merembet ke yang lain-lain,” ujarnya.

D isamping itu juga, agar usaha mau berkembang, pengusaha pemula dapat fokus dengan satu usaha terlebih dahulu. “Fokus satu dulu, manajemen keuangan juga harus benar. Jangan hasil dari usaha A untum usaha B, hasil usaha B untuk hasil usaha C. Kalau begitu, salah satunya bisa gagal. Kalau mau nambah usaha lagi, bisa bertahap,” tutup Shally. (fik)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!