Serang Prabowo dengan Foto Editan

38
HOAX

eQuator.co.id – ’’KEBANYAKAN orang yang kalau bibirnya sudah miring sebelah artinya sudah masuk STROKE RINGAN’’. Begitu kalimat yang diunggah akun Facebook Simeon Dallo Tereng. Kalimat itu mengomentari foto Prabowo Subianto yang bibirnya miring.

Foto Prabowo dengan bibir miring tersebut bisa dipastikan adalah editan. Lebih tepatnya hasil manipulasi dari foto Prabowo saat menghadiri HUT Partai Gerindra. Foto aslinya pernah digunakan situs gilangnews.com dalam berita berjudul Prabowo: Saya Kehilangan Ajudan, Ditembak Tidak Jelas.

Mendeteksi kesamaan antara foto di Gilang News dan foto yang diunggah Simeon sebenarnya cukup mudah. Terlihat pada orang dan objek di sekitar Prabowo. Pertama, foto orang berambut cepak di samping kiri Prabowo. Kedua, gambar ponsel yang menjadi foreground. Hanya, untuk menghilangkan jejak, foto yang diunggah Simeon sengaja di-crop. Lalu, diberi efek sedikit blur di samping-samping foto Prabowo.

Jawa Pos mendeteksi hoax tersebut karena sebelumnya tersebar screenshot berita di Gilang News. Screenshot berita itu juga diedit. Dari semula berjudul Prabowo: Saya Kehilangan Ajudan, Ditembak Tidak Jelas diganti Prabowo: Mengaji Tidak Dibutuhkan dalam Memimpin Negara. Screenshot editan tersebut disebarkan fan page Kata Kita. (Jawa Pos/JPG)