Sepekan Operasi Zebra Kapuas di Sintang, 528 Pengendara Ditilang

Razia. Operasi Zebra Kapuas 2019 yang digelar Polres Sintang beberapa waktu lalu. Saiful Fuat/eQuator.co.id

Sintang – eQuator.co.id. Sebanyak 528 pengendara ditilang selama Operasi Zebra Kapuas 2019 yang digelar Polres Sintang hampir sepekan ini. Sedangkan 57 pengendara lainnya hanya diberi teguran.

“Sampai tanggal 28 Oktober 2019 kemarin, sudah terdapat 528 penindakan tilang dan 57 teguran ,” ujar Kasat lantas Polres Sintang, AKP Rizal Satria kepada media ini, Selasa (29/10/2019).

Jenis pelanggaran, didominasi ketidaklengkapan surat menyurat sebanyak 417, tidak menggunakan helm SNI 14, lima pelanggaran melawan arus dan 49 pelanggaran berkendara di bawah umur.

“Sementara untuk roda empat, ada 10 pelanggaran tidak menggunakan sabuk pengaman serta 17 pelanggaran surat menyurat,” jelasnya.

Dari hasil Operasi Zebra Kapuas sepekan ini juga, pihak telah menyita barang bukti berupa 117 Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan 315 STNK dan 95 unit kendaraan roda dua.

“Syarat pengambilan kendaraan harus dilengkapi sesuai standar, misalnya tidak ada kaca sepion, yang bersangkutan harus melengkapinya di tempat,” tegasnya.

Rizal juga menjelaskan, karyawan swasta mendominasi pelanggaran, yakni sebanyak 324 orang. Diikuti pelajar dan mahasisa sebanyak 176 serta PNS 27. Pihaknya sejauh ini juga belum dapat menerapkan sidang ditempat bagi pelanggar yang mendapat tindakan sanksi tilang.

“Sidang di tempat belum bisa kita terapkan, mungkin ke depan, karena untuk menerapkan itu harus ada dari pengadilan dan pihak Bank di lokasi kegiatan. Untuk sementara pelanggar melakukan pembayaran denda langsung ke Bank,” terangnya.

Rizal pun mengimbau kepada masyarakat, agar selalu mematuhi aturan lalu lintas, baik dari kelengkapan surat menyurat, kelengkapan kendaraan, dan kelengkapan atribut berkendara yang sesuai standar keamanan.

“Kepada masyarakat saya mengimbau, selalu tertib berlalulintas. Tidak hanya pada saat operasi zebra ini saja,” pungkasnya. (pul)