Semarak Pembukaan MTQ V Kabupaten Sekadau 2018

87
Defile kafilah dari Kecamatan Belitang Hilir.
Defile kafilah dari Kecamatan Belitang Hilir.

eQuator.co.id – Selasa (13/3), Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) V Kabupaten Sekadau 2018 resmi dibuka Bupati Sekadau, Rupinus SH MSi. Semarak kegiatan yang berlangsung hingga 18 Maret itu dipusatkan di Lapangan Sepakbola Lebak Kopi, Belitang, Kecamatan Belitang.

Selain Bupati, hadir pula Wakil Bupati Sekadau, Aloysius SH MSi. Tidak ketinggalan anggota DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalbar H Abdul Rahmi, Kapolres Sekadau Anggon Salazar Tarmizi SIK, Ketua DPRD Sekadau Albertus Pinus SSos MH dan sejumlah anggota dewan, serta mantan Bupati Sekadau dua periode, Simon Petrus SSos MSi.

Prosesi pembukaan MTQ didahului penampilan Marching Band SMK Amaliyah Sekadau. Selanjutnya, defile kafilah tujuh kecamatan se-Kabupaten Sekadau yang bertanding dalam kegiatan tersebut.

Puncak acara pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Rupinus, diiringi pemukulan tar oleh sejumlah undangan. Rangkaian acara juga dimeriahkan dengan penampilan tarian multi etnis dari siswa-siswi SMAN 1 Belitang. Ribuan warga Kecamatan Belitang dan sekitarnya memadati lokasi acara. Apalagi cuaca mendung justru membantu memperlancar seluruh rangkaian acara pembukaan MTQ.

MTQ merupakan kegiatan rutin Pemkab Sekadau yang dimotori Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sekadau. Kegiatan tersebut digelar setiap dua tahun sekali. Tujuh kecamatan se-Kabupaten Sekadau mendapatkan giliran menjadi tuan rumah. Untuk pelaksanaan yang kelima kalinya ini, giliran Kecamatan Belitang yang menjadi penyelenggara.

Pelaksanaan MTQ bertujuan untuk memotivasi masyarakat, khususnya masyarakat Muslim dalam menghayati dan mengamalkan Alquran. Diharapkan MTQ mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat Islam kepada Allah SWT.

Selain itu, MTQ sebagai ajang mengasah kemampuan para qori dan qoriah Kabupaten Sekadau. Sebab, mereka yang tampil sebagai pemenang akan mewakili Kabupaten Sekadau dalam ajang serupa di tingkat provinsi, yakni MTQ Provinsi Kalbar yang akan dihelat Juli mendatang.

Tahun lalu, Kabupaten Sekadau menempati posisi ke-9 dalam MTQ tingkat Provinsi Kalbar. Tahun ini, diharapkan prestasi Sekadau bisa meningkat menjadi lebih baik.

 

Foto dan Narasi: Abdu Syukri