Selawat Bergemuruh dalam Hujan

Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf Pimpin Ribuan Umat

10
KALBAR BERSELAWAT. Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf memimpin Kalbar Berselawat di Jalan Rahadi Usman, Pontianak, Sabtu (13/10) malam. Maulidi Murni-RK

eQuator.co.idPONTIANAK-RK. Kendati hujan melanda Kota Pontianak, tak menyurutkan ribuan jemaah menghadiri Kalbar Berselawat Bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf di Taman Alun Kapuas, Sabtu (13/10) malam. Tak ada jemaah meninggalkan Jalan Rahadi Usman yang dijadikan lokasi acara Kalbar Berselawat bertema ‘Indahnya Kebersamaan Dalam Keberagam’ itu.
Sembari menunggu kehadiran Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, lantunan selawat sudah mulai bergemuruh. Dengan posisi duduk yang rapi, jemaah bersemangat melantunkan selawat. Saat Habib Syech tiba dan hendak menuju panggung, jemaah memanggil-manggil namanya. Sembari jemaah bertakbir dan berselawat.

Melihat animo jemaah saat cuaca hujan itu membuat Habib Syech kagum. “Kalian semua orang-orang surga, orang-orang hebat. Walaupun hujan, kalian tetap datang dan berselawat,” ucap Habib Syech saat di atas panggung disambut ucapan Amin semua yang hadir.
Di atas panggung, Habib Syech didampingi Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, perwakilan Kodam Xll/Tpr dan Plt Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Forkopimda serta para ulama. Habib Syech menyerukan semua yang hadir untuk bersemangat berselawat. Karena merupakan malam kebersamaan antara ulama, TNI/Polri berkumpul bersama masyarakat untuk berselawat. Berdoa kepada Allah untuk menyelamatkan negeri dan bangsa ini. “Insya Allah kedepan kita semua berhasil dunia wal akhirat,” ujarnya.
Habib Syech juga sempat mengingatkan jemaah yang menggunakan payung untuk tidak dipakai. Kecuali ada anak kecilnya. Tujuannya agar air yang menetes tidak mengenai orang yang berada di sebelahnya.
Sebelum selawat dimulai, Kapolda menyampaikan ucapan terima kasih kepada Habib Syech yang sudah hadir. Jajaran Polri/TNI kata Didi, juga mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara dan komponen masyarakat yang turut hadir. Sehingga Kalbar Berselawat terlaksana dengan baik.
Didi mengatakan, ada sosok ulama yang sangat dicintai dan dibanggakan. Apalagi Habib Syech kemarin baru saja melaksanakan kegiatan yang sama di Kabupaten Kayong Utara.
“Dan pada malam ini, Alhamdulillah beliau (Habib Syech) dengan semangat dan tekad yang kuat telah hadir untuk memberikan tausiah dan memimpin kita untuk berswlawat bersama,” tuturnya.
Didi menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT. Karena telah memberikan karunia berupa terciptanya rasa aman, damai dan tentram bagi penduduk Kalbar khususnya Kota Pontianak.
“Walaupun di dalamnya terdapat berbagai macam suku, agama dan budaya, alhamdulillah penduduk Kalbar paham dan mengerti akan indahnya kebersamaan dalam keberagaman. Ini tentunya sesuai dengan tema kegiatan pada malam ini,” terangnya.
Didi juga menjelaskan, sebagai indikator kebersamaan dalam keberagaman, pada kegiatan Pilkada serentak 2018, Kalbar sempat ditetapkan sebagai wilayah paling rawan. Namun pada pelaksanaannya menjadi daerah yang paling aman, lancar, damai, kondusif dan sukses.

“Tentunya ini tidak luput dari kerjasama dan partisipasi semua pihak, termasuk hadirin para jamaah di sini, yang mengerti makna indahnya kebersamaan dalam keberagaman,” lugasnya.
Didi menyampaikan, ke depan ada agenda nasional berupa Pileg dan Pilpres. Dimana saat ini telah memasuki tahapan kampanye. Tahapan ini paling meriah dalam sebuah pesta demokrasi.

Maka sebelum mencapai puncak pesta rakyat yang akan dilaksanakan secara serentak pada 17 April 2019, dia mengajak melalui zikir dan selawat bersama ini menjadikan Kalbar sebagai percontohan bagi provinsi lain di dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Menjadi daerah yang paling aman, damai, elegan, mantap, tertib dan bermartabat di indonesia. “Kepada jemaah sekalian, semoga Allah SWT selalu memberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungan-Nya kepada kita sekalian,” demikian Kapolda.
Sedangkan Plh Sekda Kalbar Syarif Kamaruzzaman menyampaikan alasan Gubernur Sutarmidji Kalbar tidak sempat hadir. Karena dalam waktu bersamaan sedang menjemput kedatangan kafilah asal Kalbar usai mengikuti MTQ tingkat nasional di Medan, Sumatera Utara. Kabar bahagia untuk warga pada malam itu, kafilah MTQ Kalbar berhasil meraih juara dari salah satu kategori yang diperlombakan. “Salam bahagia dan hormat dari pak Gubernur Kalbar Sutarmidji,” ucapnya menyampaikan.

 

Laporan: Maulidi Murni

Editor: Arman Hairiadi