Sekda Minta Perkuat Silaturahmi

Pimpin Safari Natal di Paroki Nobal

7
SAFARI NATAL. Sekda Yosepha Hasnah berfoto bersama umat gereja usai menghadiri Safari Natal ke Paroki Santa Theresia Kecil Nobal, Minggu (2/12). Humas Pemkab Sintang for RK

eQuator.co.id – Sintang-RK. Memasuki Desember 2018, Pemkab Sintang melaksanakan Safari Natal. Sesuai jadwal yang sudah disusun.

Minggu (2/12), Sekda Yosepha Hasnah memimpin rombongan Safari Natal ke Paroki Santa Theresia Kecil Nobal. Kegiatan ini diawali dengan Misa Minggu adven pertama di Betang Nobal.

Usai pelaksanaan misa, Yosepha  menjelaskan, Safari Natal Pemkab Sintang merupakan program rutin untuk mengunjungi umat dan gereja. Serta untuk mendekatkan Pemkab Sintang dengan gereja sekaligus masyarakat.

“Kunjungan ini merupakan aplikasi dari visi Pemkab Sintang, yakni mewujudkan masyarakat Sintang yang religius. Maka Safari Natal ini sengaja kita programkan untuk memperkuat silaturahmi,” tuturnya.

Visi Pemkab Sintang ini, lanjut dia, juga diwujudkan dengan membantu rumah ibadah. Saat ini umat Paroki Nobal sedang membangun gereja baru dengan ukuran 20 x 30 meter. Pemkab sudah berkomitmen membantu pembangunan gereja. Sudah masuk dalam APBD 2019.

“Mudah-mudahan kondisi fisik yang sudah setengah jadi ini, dengan bantuan dana dari Pemda Sintang bisa mempercepat proses penyelesaian pembangunannya. Ini hadiah terindah dari Pemda Sintang buat seluruh umat di Paroki Nobal,” terang Yosepha.

Ia meminta agar bantuan dari Pemkab ini dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar. Pertanggungjawaban harus rinci. Ada detail dan bukti dokumentasi.

“Pemkab Sintang mengharapkan dukungan penuh dari umat Kristiani untuk proses pembangunan di Sintang ini. Dana Desa juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan gereja, asal tidak melanggar aturan yang berlaku,” jelasnya.

Artinya pemanfaatan dana desa harus dikelola dengan baik, jangan sampai menjadi masalah ke depannya. Kalau kurang paham harus bertanya.

“Saya juga mengimbau umat Kristiani agar tidak mudah diadu domba dalam menyambut tahun politik,” pinta Yosepha.

Saat perayaan Natal nanti, ia berharap semua hati damai. “Siapkan sikap dan pikiran untuk menyambut kedatangan Tuhan Yesus Kristus,” tandasnya.

Sementara itu, Pastor Paroki Santa Theresia Kecil, Romo Pilce mengatakan, umat sangat terkejut dan senang atas kunjungan Sekda. “Karena Paroki kami ini jarang dikunjungi. Kami bangga dengan kunjungan dan silaturahmi ini. Terima kasih hadiah Natal dari Pemkab Sintang untuk umat kami di sini,” tuturnya.

Soal gereja, saat peletakan batu pertama pembangunan, ia sudah berkata ke umat, bahwa sumbangan umat sendirilah yang utama. Kalau ada bantuan dari orang lain itu untuk meringankan saja.

Ia juga mengajak umat untuk ikut memerangi hoax. Kalau menerima informasi yang tidak jelas jangan diteruskan.

“Terus perkuat iman kita supaya pertolongan kepada kita bisa semakin banyak,” ajaknya.

Saragih, Ketua Dewan Pastoral Paroki Nobal, menyampaikan bahwa pelaksanaan Misa dan Safari Natal ini dihadiri oleh umat dari berbagai stasi yang ada di paroki Nobal. “Kami menyambut baik pelaksanaan Safari Natal dan silaturahmi seperti ini. Terima kasih atas kunjungan ini. Kehadiran Ibu Sekda  dan rombongan menjadi motivasi besar bagi kami di sini untuk terus berkarya,” jelasnya. (pul)