Sambas Raih Tiga Gelar Juara

Jambore Kader Posyandu se-Kalbar

251
RAIH JUARA. Kader Posyandu Kabupaten Sambas foto bersama setelah meraih 3 piala dalam Jambore Kader Posyandu se-Kalbar di Kabupaten Sekadau. Seksi Jamkesmas dan PSM Dinas Kesehatan Sambas for Rakyat Kalbar

eQuator – Sambas. Tiga dari lima lomba dalam Jambore Kader Posyandu Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2015, berhasil dimenangkan Kabupaten Sambas. Kegiatan ini digelar di Penanjung Island Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, tanggal 25 sampai 27 November 2015.

Sebanyak 104 peserta dari 14 kabupaten/kota se-Kalbar berkompetisi dalam kegiatan yang digelar Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar. Tim Kabupaten Sambas tampil sebagai Juara 2 Lomba Masak Keluarga Sehat, Juara 3 Lomba Penyuluhan Kesehatan, dan Juara 3 Lomba Cerdas Cermat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Lomba Role Play Pelayanan Posyandu, dan Lomba Poster Bagi Pendamping Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri, kita belum meraih juara,” kata Agustiadi SSiT, Kasi Jamkesmas dan PSM Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Senin (30/11) di Sambas.

Seluruh kabupaten/kota yang mengikuti Jambore Kader Posyandu, jelas Agus, mengirimkan kader-kader berprestasi atau sudah lebih dari 2 tahun menjadi kader Posyandu. Tim masing-masing kabupaten/kota beranggotakan 6 orang, terdiri dari 1 pembimbing dan 5 kader Posyandu. “Kabupaten Sambas diwakili Puskesmas Sungai Kelambu,” ujarnya.

Sebelumnya, Puskesmas Sungai Kelambu berhasil meraih Juara Umum Lomba Kader Posyandu tingkat Kabupaten Sambas, hasil seleksi Bidang Pelayanan Kesehatan Seksi Jamkes dan PSM Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas.

Sementara kader Posyandu yang mengikuti lomba, tambahnya, adalah warga setempat yang bersedia, mampu dan memiliki waktu untuk menyelenggarakan kegiatan Posyandu secara sukarela. “Mereka mendapat pembinaan kesehatan dasar dari, oleh, dan untuk masyarakat dari petugas kesehatan, terutama mengenai upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana,” tutur dia.

Terpisah, Staf Ahli Bupati Sambas, Chifni B SSos mengapresiasi kader Posyandu Kabupaten Sambas yang telah meraih tiga juara pada Jambore Kader Pasyandu. “Semoga keberhasilan ini lebih memotivasi kader Posyandu dalam membantu pelayanan kesehatan,” harapnya saat ditemui usai Upacara HUT Korpri ke-44 di Halaman Kantor Bupati Sambas.

 

Reporter: Muhammad Ridho

Redaktur: Yuni Kurniyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here