Sambas Raih Prima Boga Nusantara

Juara 3 Nasional M3KD

552
Tim Masakan dan Minuman Khas Daerah Kabupaten Sambas yang diketuai Wafidah Pabali Musa foto bersama, usai meraih Juara 3 tingkat Nasional.

eQuator – Sambas. Kontingen Kabupaten Sambas berhasil meraih Juara 3 Lomba Masak Makanan dan Minuman Khas Daerah (M3KD) Tingkat Nasional, Kamis (5/11). Selain itu, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (RI) juga menyerahkan Piagam Penghargaan Prima Boga Nusantara.

Mardiah Chifni menerima penghargaan sebagai Juara 3 Masakan dan Minuman Khas Daerah tingkat Nasional dari Menteri Perdagangan RI, Thomas T Lembong. Ist
Mardiah Chifni menerima penghargaan sebagai Juara 3 Masakan dan Minuman Khas Daerah tingkat Nasional dari Menteri Perdagangan RI, Thomas T Lembong. Ist

Penetapan pemenang disampaikan William Wongso, Profesional Kuliner Khas Indonesia selaku Ketua Tim Juri Penilaian Final Lomba M3KD tingkat Nasional didampingi Bondan Winarno pada Pembukaan Festival Pangan Nusa 2015 Ragam Pangan Citra Indonesia di Lapangan Banteng Jakarta.

Wafida Pabali Musa, Ketua TP PKK Kabupaten Sambas menjelaskan, karena memiliki otentisitas, layak citarasa yang unggul dan baik, Tim Kabupaten Sambas berhak menerima piala, uang pembinaan, dan penghargaan Prima Boga Nusantara. “Juara I Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Juara II dari Kota Solok Sumatera Barat, serta kita (Sambas, red) berada diurutan ketiga,” jelas istri Wakil Bupati Sambas, Dr Pabali Musa.

Menurutnya, komposisi juri yang menilai kreasi peserta, selain William Wongso dan Bondan Winarno, juga didukung Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI Sri Agustina, serta Astrid, Shanti Aseraf, dan Linda R Adi Wijaya. “Pada putaran final di Jakarta diikuti 9 peserta berasal dari Juara I hingga III pada tiga regional yang telah lebih dulu digelar. Termasuk, Kabupaten Sambas yang berhasil menjadi terbaik pertama pada tingkat regional di Bukit Tinggi, Sumatera Barat pada September 2015 lalu,” jelasnya.

Semangat kebersamaan didukung kreativitas, ide maupun konsep yang diusung Tim Kabupaten Sambas menarik perhatian dewan juri. Juara III nasional yang diraih tidak hanya membanggakan bagi Kabupaten Sambas, tapi juga Provinsi Kalimantan Barat. “Kesuksesan ini karena kerja keras semua pihak, mulai dari Badan Ketahanan Pangan, Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K), serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Sambas, juga dukungan Pemkab Sambas dan Provinsi Kalbar menjadi kunci kesuksesan dalam lomba ini,” ujarnya.

Wafida menegaskan, prestasi membanggakan ini merupakan persembahan bagi masyarakat Kabupaten Sambas. Keberhasilan ini diharapkan menjadi permulaan yang baik untuk semakin mempopulerkan makanan dan minuman khas daerah. “Bisa mulai dari lingkup keluarga kita pribadi untuk terus berupaya mengembangkan, dan menumbuhkan kreasi ide makanan dan minuman khas daerah,” ajaknya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan RI Thomas T Lembong berharap, lomba tersebut dapat memotivasi penyajian makanan dan minuman khas daerah menjadi kuliner yang menarik bagi wisatawan. “Lomba ini juga meningkatkan transaksi perdagangan, khususnya perdagangan dalam negeri, dan pertumbuhan ekonomi secara makro, serta meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha kuliner yang berimbas pada kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Terpisah, Sekda Sambas, Drs H Jamiat Akadol MSi MH mengucapkan selamat atas keberhasilan Tim Lomba M3KD Kabupaten Sambas yang sukses meraih Juara 3 Nasional mewakili Kalimantan dan Sumatera. “Luar biasa, sudah terbukti Sambas bisa bangkit lagi dengan berbagai keunggulan dan kepeloporannya, setelah sukses terbaik di Zona Kalimantan dan Sumatera, sekarang Juara 3 tingkat Nasional,” ujarnya bangga.

 

Reporter: Muhammad Ridho

Redaktur: Yuni Kurniyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here