Rumor Sejarah Es Krim Vanila

21
HOAX

eQuator.co.id – MEME aneh sempat beredar di media sosial, yakni cerita tentang sejarah es krim vanila. Menurut meme tersebut, es krim vanila dulu aslinya berwarna hitam. Namun, orang-orang kulit putih kemudian tersinggung dan akhirnya berwarna putih seperti kebanyakan es krim vanila saat ini.

”Nenek saya hidup sampai 102 tahun. Suatu hari dia cerita, awal 1900-an, es krim vanilla yang dimakannya warnanya masih asli hitam. Namun kemudian ketika dia mulai remaja, sekitar 1912, ice cream vanilla yang ada berubah menjadi putih. Menurut dia, orang kulit putih tidak bisa mentolerir makanan yang lezat berwarna hitam. Jadi mulailah ditambahkan bahan pengawet.” Begitu tulis pesan dalam meme yang terdapat foto es krim beserta cone-nya yang berwarna hitam.

Rumor tersebut pernah diluruskan situs snopes.com. Di sana ditunjukkan foto orang dengan es krim yang dijepret sekitar 1880. Foto itu berjudul ”Carlo Gatti and the Italian Ice Cream Trade in 19th Century London”. Carlo Gatti dikenal sebagai salah satu pionir penjual es krim keliling di London. Dalam foto hitam putih tersebut jelas terlihat, bagian es krim yang disantap orang-orang berwarna terang.

Kedengarannya, rumor itu memang aneh dan remeh. Tapi, di luar negeri sempat banyak yang memercayai. Sebelum pesan aneh tersebut sampai ke Indonesia, ada baiknya kita membendungnya. Sebab, selama ini hoax-hoax yang berasal dari luar negeri memang kerap tersebar di Indonesia dengan sedikit modifikasi. (Jawa Pos/JPG)