Rujukan Online Lebih Memudahkan Masyarakat

9
DISKUSI. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Singkawang, Novi Kurniadi saat berbincang dengan para jurnalis di Cafe Siera Book, Jalan Ahmad Yani, Kamis (18/10) SUHENDRA

eQuator.co.id – Singkawang-RK. Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Singkawang, Novi Kurniadi mengatakan, bahwa sistem rujukan online lebih memudahkan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-KIS.

“Rujukan online ini memberikan kemudahan, kepastian fasilitas kesehatan bagi peserta dan menghindari antrean serta sudah sesuai dengan fasilitas tingkat pertama,” ujar Novi saat diskusi bersama para jurnalis di Kota Singkawang yang diselengarakan BPJS Kesehatan Cabang Singkawang, Kamis (18/10).

Melalui sistem rujukan online ini, kata Novi, tidak lagi ada meraba-raba lagi rumah sakit mana yang tersedia dokternya. “Jadi pasien bisa memilih rumah sakit, kapan waktunya, rumah sakit lebih mudah mengatur dan memanage, serta tahapannya tetap sama,” kata dia.

Rujukan online, sambung dia, merupakan bentuk digitalisasi dalam bentuk rujukan. Pseserta BPJS cukup membawa kartu ke faskes pertama. “Maka rujuk di rumah sakit sesuai dengan kompetensi sesuai perawatan,” ujarnya.

Novi menjelaskan, memang beberapa daerah kesulitan sinyal yang masih lemah, sehingga masih menggunakan rujukan manual. “Mudah-mudahan kedepan semua fasilitas kesehatan sudah terkoneksi jaringan internet, maka pelayanan makin mudah,” katanya. (hen)