RSUD dr Abdul Aziz Komitmen Jaminan Mutu Pelayanan

0
RSUD Abdul Aziz Singkawang-mordiadi

eQuator.co.id – SINGKAWANG-RK. RSUD dr Abdul Aziz Singkawang saat ini sedang berusaha untuk meningkatkan dan mencapai akreditasi terbaik dalam memberikan jaminan mutu dan keselamatan pasien.

“Sudah dua kali diakreditasi awal yaitu 2011 sebagai rumah sakit akreditasi klinik dasar, kemudian 2015 terakreditasi bintang lima paripurna dan akreditasi menjadi dasar pelayanan medis. Baik puskesmas, klinik dan rumah sakit. Mulai dari tipe A sampai tipe D wajib terakreditasi,” ujar Direktur RSUD dr Abdul Aziz Singkawang, dr Carlos Djafara, Minggu (6/1).

Dia menjelaskan, wajibnya akreditasi karena merupakan untuk jaminan mutu dan keselamatan. “Dengan kerja keras jajaran mulai dokter spesialis sampai bidangnya, punya komitmen bersama agar RSUD Abdul Azis terakreditasi itu sudah lima bintang paripurna,” katanya.

Saat ini, sambungnya, pihak RS sedang berjuang untuk mendapatkan akreditasi paripurna dengan model yang baru. “Ini kita lagi melakukan persiapan-persiapan akrediasi dengan tipe smash. Alhamdulillah, sembilan tahun lalu hanya ada tujuh dokter dan sekarang sekitar 30 dokter,” ujarnya.

Di bagian out scine, sambung dia, dulunya satu sekarang tiga, dokter spesialis anak dulu satu sekarang tiga, dokter penyakit dalam dulunya satu sekarang tiga dan dokter bedah dulu satu sekarang enam. “Dan ini adalah klinik dasar,” katanya.

Sedangkan untuk sarana pendukung, RS sudah memiliki sarana spesialis patologis klinik, spesialis kulit, spesialis THT dan jiwa, anestasi dan penyakit dalam. “Ada juga poli paru-paru, dan nantinya bulan empat di RSUD Abdul Aziz ada spesialis penyakit jantung, nanti kita carikan lagi poli penyakit dalam khusus melayani orang tua,” ujarnya.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie memberikan apresiasi kepada RSUD dr Abdul Aziz Singkawang yang sudah ada peningkatan sarana dan prasarana serta manajemen dan sumber daya manusianya.

 

Laporan: Suhendra

Editor: Ocsya Ade CP