RSUD Bengkayang Komitmen Beri Pelayanan Terbaik

0
ilustrasi. net

eQuator.co.id – Bengkayang-RK. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bengkayang berkomitmen untuk selalu meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Hal itu disampaikan Direktur RSUD Bengkayang saat acara perayaan Natal bersama di Aula RSUD Jalan Sanggau Ledo, Kelurahan Sebalo, Kecamatan Bengkayang, Kamis (10/1).

Perayaan Natal ini dirangkai dengan komitmen bersama RSUD Bengkayang dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan yang profesional sesuai standar pelayanan dengan memprioritaskan keselamatan pasien. Yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan.

Kegiatan ini dihadiri mantan Bupati periode 1999-2010 Drs Jacobus Luna, Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, Wakil Bupati Agustinus Naon, Sekretaris Daerah Obaja, Direktur RSUD Bengkayang dr Semuel Gerits Rahanra, Camat Bengkayang Robinson, Sekretaris Dinas Kesehatan dan KB Drs Antonius Tony, seluruh pegawai RSUD Bengkayang.

“Kami keluarga besar RSUD Bengkayang akan selalu meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Pelayanan dengan hati dan penuh cinta kasih,” ujar Semuel.

Pada kesempatan ini, ia menyampaikan beberapa hal terkait pelayanan dan akreditasi. Akreditasi, kata dia, sering didengar berbeda dari akreditasi yang dilakukan rumah sakit dari pada yang dilakukan unit atau instansi layanan publik lainnya.

Berdasarkan Surat Menteri Kesehatan Nomor: HK.03.01/MENKES/768/2018 tertanggal 31 Desember 2018 walaupun masih pada tahap persiapan survei verifikasi dan survei akreditasi, RSUD Bengkayang masih diizinkan untuk melakukan perpajangan kerjasama BPJS.

Untuk akreditasi RS bukan untuk peningkatan tipe. Misalnya dari tipe D-C-B-A. Tetapi arti dari akreditasi RS adalah kembali kepada jalan yang benar yaitu pelayanan yang dilakukan RS yang sudah terakreditasi. Semua harus berdasarkan SOP yang sudah disepakati bersama dengan standar yang dikeluarkan oleh lembaga penilai akreditasi dan yang sudah ditentukan oleh pemerintah yaitu Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

“Maka berkaitan dengan akreditasi RSUd Kabupaten Bengkayang juga dituntut untuk memiliki nama RS, logo RS, visi dan misi RS Bengkayang nantinya,” ujar dia.

Oleh karena itu, dia berharap kepada Ketua Tim Akreditasi RSUD Bengkayang yang telah dibentuk sejak September 2018 lalu dapat bekerja keras untuk memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh KARS. Yang mana merupakan lembaga resmi yang ditunjuk dan berwenang untuk melakukan survei verifikasi dan survei akreditasi.

Bupati Bengkayang Suryadman Gidot menekankan, ada beberapa unsur pokok dalam pelayanan prima yang harus diahami dan dilaksanakan. Yaitu kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan dan tanggungjawab. Kemudian, kemampuan berkomunikasi yang baik dan efektif serta mengembangkan motivasi, sikap melayani pelanggan dengan berpikir positif sehat dan logis serta melayani pasien dengan sikap selalu menghargai. Termasuk berpenampilan yang bersifat fisik maupun non fisik yang mampu meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas dari masyarakat.

Juga kepedulian penuh terhadap pasien dan keluarganya yang berkaitan dengan perhatian akan kebutuhan serta keinginan pasien maupun pemahaman atas saran dan kritikan.

“Juga harus melakukan tindakan atau kegiatan nyata yang harus dilakukan dalam memberikan layanan kepada pasien. Bertanggungjawab dan memiliki sikap keberpihakan kepada pasien sebagai wujud kepedulian untuk menghindarkan terjadinya kerugian atau ketidakpuasan masyarakat khususnya pasien,” ucapnya.

Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2016-2021, khususnya pada misi keempat yaitu meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan merata di seluruh Kabupaten Bengkayang.

“Untuk memenuhi itu RSUD Bengkayang dituntut terus melakukan perbaikan dan pemenuhan pelayanan kesehatan rujukan kepada masyarakat. Maka pada kesempatan ini saya menyampaikan bahwa RSUD wajib terakreditasi sebagai salah satu syarat untuk bekerjasama dengan BPJS,” ujarnya.

Dia juga mengharapakan manajemen RSUD Bengkayang bekerja keras untuk memenuhi semua persayaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. “Direktur RSUD saya persilahkan untuk bertindak dan berbuat untuk memajukan RSUD Bengkayang dan mengambil langkah-langkah terbaik,” tutup Gidot. (kur)