Ribuan Obor Penuhi Jalan Protokol

Berharap Ramadan Membawa Berkah Bagi Semua

28
PAWAI OBOR. Antusias masyarakat Kota Pontianak dan sekitarnya mengikuti Pawai 1001 Obor menyambut Ramadan, Selasa malam (15/5). Maulidi Murni-RK
PAWAI OBOR. Antusias masyarakat Kota Pontianak dan sekitarnya mengikuti Pawai 1001 Obor menyambut Ramadan, Selasa malam (15/5). Maulidi Murni-RK

eQuator.co.idPONTIANAK-RK. Api obor penuhi jalan protokol Kota Pontianak, Selasa malam (15/5). Ribuan obor tersebut dibawa warga Kota Pontianak dan sekitarnya dengan suka cita untuk menyambut Ramadan 1439 H/2018 M.

Titik kumpul Pawai 1001 Obor yang diinisiasi Aliansi Pergerakan Pemuda Islam (APPI) ini di Masjid Raya Mujahidin Pontianak. Ribuan umat kemudian menyusuri rute yang sudah ditentukan pantia. Mulai dari Masjid Raya Mujahidin – Jalan Ahmad Yani – Jalan KH Ahmad Dahlan – Jalan Johar – Jalan HOS Cokroaminoto – Jalan Gusti Sulu Lelanang. Kemudian kembali lagi ke Jalan Ahmad Yani hingga finish di lokasi titik awal, yaitu Masjid Mujahidin. Sambil membawa obor, takbir dan salawat pun berkumandang.
Sebanyak 1500 obor disiapkan panitia. Namun saking antusiasnya warga, ternyata mereka juga mempersiapkan obor masing-masing. “Obor udah kami siapkan dari awal,” kata Sekretaris Pantia, Mery Susan.

Tahun ini peserta diperkirakan membeludak dari sebelum-sebelumnya. Jika tahun lalu sebanyak 7-8 ribu, kali ini peserta diperkirakan di atas 12 ribu orang. “Untuk rute masih seperti tahun lalu. Peserta membludak dari tahun sebelumnya, karena diikuti berbagai elemen masyarakat,” tuturnya.

Pawai Obor ini diselenggarakan dalm rangka menjalin tali silaturahmi sekaligus menyambut datangnya bulan suci puasa. Kemudian menumbuhkan sikap gotong royong, khususnya umat Muslim Kota Pontianak dan sekitarnya, sekaligus mengingatkan untuk menjaga tradisi. “Pawai 1001 Obor ini mengangkat budaya untuk menyambut Ramadan,” jelasnya. Dia berharap, Ramadhan tahun ini lebih damai dan membawa kebaikan untuk semua orang.

Salah seorang perserta, Mujiono menyambut baik Pawai 1001 Obor ini. Memboyong seluruh keluarganya, ia baru kali ini mengikuti pawai tersebut. Dia ingin memperlihatkan kepada anak-anaknya bagaimana bulan penuh ampunan disambut meriah. “Semoga Ramadan pada tahun ini membawa berkah untuk semua,” tutup pria 46 tahun itu. (lid)