Razia Gabungan Tingkatkan Pendapatan Daerah

RAZIA GABUNGAN: Razia gabungan yang dilakukan di Sukadana, Selasa (24/9). Istimewa for Rakyat Kalbar

eQuator.co.id – KAYONG UTARA-RK. Meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak diperlukan kerjasama baik Pemerintahan Desa maupun Kecamatan di Kayong Utara. Sebab, dengan membayar pajak menjadi salah satu bentuk dukungan dalam membangun daerah khususnya Kabupaten Kayong Utara.

Demikian disampaikan Kepala UPT PPD Kayong Utara, Joshua Makarius melalui Kepala Seksi Penagihan UPT PPD Kayong Utara, Vitalisius Paulus usai menggelar razia gabungan di depan kantor Unit Pelaksanaan Teknis Pelayanan Pendapatan Daerah Wilayah Kayong Utara, Jalan Bhayangkara Sukadana, Selasa (24/9).

Ia mengatakan, kegiatan razia gabungan untuk meningkatkan peningkatan pajak daerah dari sektor kendaraan yang mana dari sektor pendapatan pajak hasilnya untuk melakukan pembangunan di Kabupaten Kayong Utara.

“Jadi ini razia gabungan yang dilakukan dengan harapan dapat meningkatakan pedapatan daerah, yakni Kayong Utara,”jelasnya.

Dalam kegiatan ini, sambung dia,  turut melibatkan pihak Kepolisian (Sat Lantas Polres Kayong Utara), Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, dan Jasa Raharja.

Ia menambahakan, kekgiatan ini merupakan kegiatan triwulan ke tiga, dan hari ini (kemarin) merupakan kegiatan terakhir. “Hari ini (kemarin.red) kegiatan terakhir ditriwulan ke tiga. Sedangkan untuk tri wulan ke empat akan kembali diselanggarakan pada bulan depan (Oktober),”jelasnya.

Ia menambahkan, selain melakukan razia gabungan pihaknya juga mencari sumber baru dari sektor PAP (Pajak Air Permukaan), yang mana pajak air permukaan itu yang digunakan oleh industri, baik itu besar atupun kecil. Diantaranya, penggunaan air sungai untuk kegiatan pengolahan sawit pembibitan hingga penggunaan PDAM.

Menaggapi hal ini, Kepala Desa Harpan Mulia, Kecamatan Sukadana, Zainal Arifin menyambut baik atas adanya razia gabungan ini. Karena, sambung dia, razia tersebut salain dapat menigkatakan kesadaran dalam membayar pajak, juga dapat meningkatkan pendapatan daerah.  “Mudah-mudahan hal ini dapat mendorong masyrakat dalam membayar pajak, dan tentunya dapat meningkatkan kesadaran kita dalam membayar pajak,”harapnya.

Ia selaku Kepala Desa Harapan Mulia, Kecamatan Sukadana mendukung dengan adanya kegiatan tersebut. Mengenai pembayarakan pajak yang lokasinya tidak jauh dari kota tentunya mudah. Namun ia menyarakan bagi daerah kepulauan tidak menutup kemugkinan khusus untuk di daerah kepulauan juga menyediakan lokasi khusus untuk membayar pajak.

“Kalau untuk saya Insya Allah di Desa Harapan Mulia siap mendukung guna meningkatakan kesadaran masyarakat yang memiliki kendaraan untuk dapat membayar pajak kendaraannya tepat waktu.

Tapi, untuk daearah kepulauan ada baiknya juga dilakukan seperti menjemput bola. Karena, tidak menutup kemugkinan disana (Kepulauan) juga terdapat warga yang memiliki kendaraan, seperti sepeda motor,” timpalnya. (lud)

 

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!