Razia Gabungan, 65 Pengendara Ditilang

17
RAZIA GABUNGAN. Tim gabungan melakukan razia kendaraan di kawasan Lanud Supadio, Senin (13/8)--Penerang Lanud Supadio for RK

eQuator.co.idSungai Raya-RK. TNI/Polri dan instansi terkait menggelar Operasi Gabungan (Opsgab) atau razia kendaraan di wilayah hukum Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, Senin (13/8) pukul 08.00-10.00 Wib.

Dalam razia ini dengan sandi ‘Waspada Wira Elang’ Tahap III TA 2018 ini, tim gabungan berhasil menjaring 65 pelanggar lalu lintas.

Komandan Polisi Militer Pangkalan TNI AU (Danpomau) Lanud Supadio, Letkol POM Harry M Ambon mengatakan, operasi ini berlangsung di dua tempat. Yaitu depan RSAU dr Mohammad Sutomo, Jalan Abdulrachman Wahid dan di depan Kantor PIA Lanud Supadio, Taman Dirgantara Kubu Raya.

Melibatkan 30 personel POM AU Lanud Supadio, 4 personel POM AD Kodam XII/Tanjungpura, 4 personel POM AL Lantamal XII Pontianak, 15 personel Satlantas Polresta Pontianak dan 5 personel Dishub Kalbar.

“Tujuannya adalah menegakkan Gaktib Kepolisian dan Militer, agar masyarakat bisa tertib,” ujar Ambon.

Perwira menengah alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1999 ini menjelaskan, semua kendaraan roda dua yang melintas di dua tempat tersebut diperiksa kelengkapannya. Baik surat menyurat, kelengkapan kendaraan dan penggunaan helm.

“Kegiatan terlaksana dengan aman dan lancar. Memang ada beberapa pengendara yang sempat protes, tetapi tidak terjadi apa-apa. Kita terapkan pendekatan persuasif fan education, sehingga pengendara sadar dan paham,” ujarnya.

“Bagi pelanggaran, yang berjumlah 65 dari masyarakat, akan ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian. Sementara dari anggota TNI, Polri dan PNS, nihil,” sambungnya.

Ia melanjutkan, seluruh kendaraan yang terjaring pada umumnya tidak dilengkapi surat-surat kendaraan maupun perlengkapan kendaraan bermotor lainnya.

“Pelanggar tidak dapat menunjukkan SIM dan STNK. Adapula yang kendaraanya tidak dilengkapi kelengkapan kendaraan, seperti spion, plat, dan knalpot racing,” ujanya.

Pelaksanaan razia di jalan yang berada di kawasan Lanud Supadio ini, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan kesadaraan anggota TNI maupun warga masyarakat dalam berlalu lintas.

“Hal ini juga diharapkan mampu meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya. Selain itu razia gabungan Satpomau dan Polresta Pontianak ini merupakan wujud sinergitas TNI Polri dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat terutama dalam berlalu lintas,” pungkasnya. (amb)