Ratusan Anak Mempawah Manasik Haji

7
MANASIK. Anak-anak RA, KB, PAUD dan TK se-Kabupaten Mempawah foto bersama usai mengikuti kegiatan Manasik Haji di Kantor Bupati Mempawah, Sabtu (13/10). Ari Sandy

eQuator.co.id – Mempawah-RK. Sabtu (13/10) pagi, halaman Kantor Bupati Mempawah dipadati ratusan anak-anak dari Raudatul Athfal (RA), Kelompok Bermain (KB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) se-Kabupaten Mempawah. Didampingi para orangtua, mereka mengenakan kain ihram berwarna putih mengikuti kegiatan manasik haji.

Anak-anak tersebut sangat bersemangat melakukan thawaf dengan mengelilingi replika Kakbah yang dibuat di halaman Kantor Bupati Mempawah. Rintik hujan saat kegiatan berlangsung, tidak memadamkan semangat anak-anak mengikuti seluruh rangkaian manasik haji.

Suwanda, Asisten Administrasi dan Umum Setda Mempawah mengatakan, Pemkab akan senantiasa mendukung kegiatan ini di Kabupaten Mempawah. Kegiatan yang menjadi agenda rutin di Mempawah tiap tahun ini, tujuannya menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini, sehingga diharapkan anak-anak nantinya dapat menjadi anak yang beriman dan bertakwa. “Kegiatan ini sangat positif, dukungan Pemkab dalam rangka menanamkan nilai-nilai keagamaan pada anak PAUD/TK sejak dini, khususnya dalam ibadah haji,” ujarnya, Minggu (14/10).

Ia mengatakan, kegiatan tersebut memberikan pemahaman bagi anak-anak mengenai prosesi ibadah haji. “Kedepan, mudah-mudahan mereka menjadi anak-anak yang beriman dan bertakwa. Sehingga mereka nantinya bisa melaksanakan ibadah haji, mereka sedikit sudah paham,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah, Firman Juli Purnama mengatakan, kegiatan ini diikuti semua TK, PAUD, KB, dan RA yang ada di Kabupaten Mempawah.

Selain memberi pemahaman kepada anak tentang proses ibadah haji, kegiatan ini juga sebagai pendidikan karakter sesuai Kurikulum 2013 (K-13). Firman berharap, kegiatan ini menanamkan jiwa budi pekerti yang baik dan islami kepada anak-anak. “Banyak potensi yang kita berikan. Kita berharap, tertanam jiwa budi pekerti yang baik. Kemudian, mereka jadi anak-anak yang islami. Sehingga kita mencoba menggali potensi ini sejak awal. Mudah-mudahan juga mereka dipanggail Allah untuk dapat menjalankan ibadah haji,” harapnya. (sky)