Raih 5 Manfaat Sehat Dari Rutin Donor Darah

32
Ilustrasi. net

eQuator.co.id – Setetes darah tentu begitu berarti untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Jika rutin melakukan donor darah, tentu bisa melancarkan peredaran darah dan bisa lebih sehat. Apa benar?

Kepala Seksi Pelestarian Donor Darah PMI Jakarta Utara, Siti Cholidah menjelaskan manfaat donor darah begitu besar bagi tubuh. “Rajin donor darah selama tiga bulan satu kali, bisa membuat tubuh sehat,” kata dia ditemui JawaPos.com, kemarin.

Sebab, lanjutnya, aliran darah menjadi lancar dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Lima manfaat donor darah bagi kesehatan di antaranya, adalah terapi. Dimana donor darah bisa digunakan sebagai terapi mengatasi pengentalan darah. Darah yang tersumbat bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Kemudian manfaat untuk sirkulasi darah. Aliran darah setelah donor menjadi lancar. Karena dilakukan rutin setiap tiga bulan.

Juga ada manfaat sosialnya. Dimana aksi sosial menolong sesama merupakan benang merah dari manfaat donor darah.

Saat melakukan donor darah, maka bisa diketahui berapa kadar hemoglobin darah. Hal itu sekaligus bisa mengecek kondisi fisik seseorang.

Dengan donor darah maka bisa diketahui adanya penyakit menular dalam tubuh seseorang. Di antaranya hepatitis B, C, sipilis, dan HIV. “Ketika seseorang memang terindikasi tertular, maka pihak PMI akan melakukan pendekatan untuk dilakukan konseling dan tes ulang,” ujarnya. (JawaPos.com/JPG)