PT WHW Serah Bantuan Kesenian dan Budaya Kepada Tiga Dusun di Desa Mekar Utama

Serahkan bantuan. Kegiatan serah terima bantuan peralatan seni budaya untuk Dusun Tanjung, Batu Begendang dan Sungai Gantang Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Sosial Budaya (PPM/CSR) PT WHW, Jumat (29/11/2019). PT WHW for eQuator.co.id

eQuator.co.id – KETAPANG. Melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Sosial Budaya (PPM/CSR) PT Well Harvest Winning (WHW) menyelengarakan acara serah terima bantuan peralatan seni budaya untuk tiga dusun di Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (29/11/2019. Bantuan diserahkan kepada Dusun Tanjung, Batu Begendang dan Sungai Gantang.

Perwakilan General Manager Site PT WHW, Gao Guangci, mengatakan acara serah terima bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk apresiasi dan dukungan perusahaan perseroan dalam kegiatan kebudayaan dan kesenian masyarakat sekitar proyek. Tak hanya itu, bidang lainnya juga sudah berjalan, antara lain program ekonomi, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

“Salah satunya adalah kelompok kesenian Kendang Tar di Dusun Tanjung,” ujarnya.

Kelompok ini secara turun temurun telah melakukan pelestarian kesenian secara mandiri oleh masyarakat dengan regenerasi keanggotaannya. Kelompok seni Kendang Tar sejak tahun 1960-an sudah menjadi bagian tradisi pengiring kegiatan hajatan mulai dari khitan, pernikahan dan lain-lain. Kelompok seni Kendang Tar beranggotakan 12 orang dan cadangan lebih dari 12 orang.

Kelompok ini tidak hanya sering melakukan kegiatan seni di Dusun Tanjung, tapi juga kerap mendapatkan undangan untuk mengisi acara di daerah lain.

“Mulai dari wilayah sekitar Kendawangan hingga wilayah Kabupaten Ketapang,” ucapnya.

Selain Dusun Tanjung, penerima manfaat lainya adalah Dusun Batu Begendang. Dusun ini mendapat bantuan perlengkapan gendang tar dan pembuatan tanjak. Sedangkan Dusun Sungai Gantang memperoleh perlengkapan rebana untuk tiga mesjid.

“Harapannya dengan bantuan ini selain menjaga kelestarian tradisi itu sendiri juga menjadi penguat identitas atas nilai-nilai tradisi yang positif yang berlaku di tengah masyarakat,” harapnya.

Kegiatan penyerahan bantuan ini diselenggarakan di Dusun Tanjung, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Dihadiri Camat Kendawangan Rahmad Rohendi, Komandan Koramil (Danramil) Kapten Ind Samsu Alam, Kapolsek Kendawangan AKP Orlando Siagian dan, Ketua Kelompok Penerima Alat Kesenian dan Budaya Heriyadi, Kepala Dusun, Kepala Desa, unsur Muspika Kendawangan, dan masyarakat umum lainnya. Program bantuan ini diharapkan dapat memperkuat dan melestarikan nilai nilai budaya serta kearifan lokal yang ada di masyarakat.

“Sehingga tradisi ini bisa terus ada dan menjadi identitas masyarakat setempat,” harap Gao Guangci.

Dia juga berharap bantuan ini dapat mempererat dan meningkatkan hubungan baik yang selama ini sudah terjalin antara masyarakat dengan PT WHW. Sehingga, menjadi suatu sinergitas menuju masyarakat sejahtera, khususnya di Desa Mekar Utama Kecamatan Kendawangan, dan Kabupaten Ketapang pada umumnya. (*/uzi)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!