Polres Singkawang Kerahkan 425 Personel

Pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2017

RAKOR. Polres Singkawang menggelar Rakor Linstas Sektoral untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru, di Aula Mapolres Singkawang, Selasa (19/12). Suhendra-RK

eQuator.co.id – Singkawang-RK. Polres Singkawang mengerahkan 425 personel untuk mengamankan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 dan melibatkan instansi lain termasuk TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan Kota Singkawang, Dinas Kesehatan dan lainnya.

“Kami telah menyiapkan kegiatan pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, di mana pada 22 Desember 2017 akan dilaksanakan Gelar Pasukan Gabungan yang diikuti unsur Polri, TNI dan Pemerintahan Kota Singkawang,” ujar Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nur Hidayat SIK MH, usai Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru, di Aula Mapolres Singkawang, Selasa (19/12).

Dia mengungkapkan, Polres Singkawang juga sudah menyusun rencana pengamanan Gereja-Gereja yang akan melaksanakan ibadah Natal dan Tahun Baru.

“Kami telah menyiapkan Pospam (Pos Pengamanan), dan Polres juga akan menyiapkan Posyan (Pos Pelayanan) di lokasi wisata taman indah. Tidak hanya itu, kami juga melakukan pemantauan terhadap kebutuhan Bapokting (Bahan Pokok dan Penting) di Kota Singkawang,” papar Yuri.

Terkait pengamanan di lokasi wisata air, Polres Singkawang mengerahkan dua unit kendataan air untuk pengamanan wisata pantai. “Kami juga di-backup dari Brimob, Tim SAR, satu unit kendaraan air yakni perahu karet,” ungkap Yuri.

Dalam pengamaman, melibatkan istansi lain seperti Kodim 1202/Singkawang dan Brimob Polda di Singkawang. “Kita juga mendapat penebalan pengamanan sebanyak 1 SSK dari Brimob yang akan diberdayakan semua untuk mengamankan Kota Singkawang. Kita juga mendapat bantuan 7 unit megaphone dari Teratai dan itu sangat bermanfaat dalam memberikan penerangan pada masyarakat,” ujarnya.

Kasubbag Humas Polres Singkawang, Iptu Gatot Sukoco menambahkan, pelaksanaan Operasi Lilin Kapuas 2017 dilaksanakan mulai 22 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 mendatang.

Gatot mengungkapkan, lima Paspam di antaranya di Pasir Panjang, Simpang Vit, Eks BNI di Jalan Diponegoro, Condong, dan Kulor. Sedangkan Posyan di depan Pasir Panjang.

“Ke depannya diharapkan masyarakat Singkawang bersama-sama dapat menciptakan Singkawang aman dan kondusif serta toleransi antarsuku dan agama yang ada dengan memberikan rasa aman dan nyaman,” kata Gatot.

Di tempat yang sama, Pasi Operasi Kodim 1202/Singkawang, Kapten (Inf) Taufik W mengatakan, bahwa total keseluruhan personel dari TNI terdiri atas 1SSK dan cadangan 1 SSK.

“Jika ada sesuatu permintaan dari kepolisian,  maka kita siap. Kita standby di Kodim dan akan dikoordinir pihak kepolisian dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru,” ujar Taufik.

Sementara Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Singkawang, AKBP Drs Chrismas Siswanto melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan BNN Singkawang, Herwandi Deka mengatakan, pihaknya mewaspadai meningkatnya transaksi Narkoba pada malam tahun baru. “Kami juga akan melakukan pemantauan terkait meningkatnya peredaran Narkoba di Kota Singkawang,” katanya. (hen)