Polres Mempawah Merujuk Pengalaman 2014

Amankan Pilkada Serentak

42
CEK KESIAPAN. Polda Kalbar melakukan pemeriksaan kesiapan personel dan peralatan di Halaman Mapolres Mempawah, Kamis (11/1). Pemeriksaan yang dipimpin Kabag Peralatan Biro Sarpras Polda Kalbar, AKBP Marsianus Ajau ini merupakan upaya menciptakan pilkada yang aman. Paur Humas for Rakyat Kalbar

eQuator.co.id – Mempawah-RK. Mempersiapkan segala kebutuhan pengamanan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Juni 2018 mendatang, Kamis (11/1), Polda Kalbar melaksanakan pemeriksaan kelengkapan operasional di Halaman Mapolres Mempawah. Salah satu yang dijadikan rujukan adalah pengamanan Pilkada 2014 lalu.

Kabag Peralatan Biro Sarpras Polda Kalbar, AKBP Marsianus Ajau didampingi Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso meninjau langsung kesiapan para personel Polres dalam rangka mengawal Pilkada di Kabupaten Mempawah. Tidak hanya kelengkapan personel, kunjungan tersebut juga memeriksa kelengkapan persenjataan hingga kelengkapan kendaraan mulai dari roda dua, roda empat hingga mobil angkutan personel yang besar. “Melihat dari data dan pangalaman Pilkada 2014 lalu, maka kami telah mengelompokkan penempatan personel sesuai kebutuhan di lapangan,” tegas Kapolres Mempawah.

Didik menjelaskan, pemeriksaan dilakukan terhadap kesiapan peralatan lain seperti persenjataan, tameng dan perangkat lainnya. Menurutnya, hal itu sangat penting untuk memastikan seluruh peralatan siap digunakan jelang pengamanan Pilkada Gubernur dan Bupati Mempawah 2018 nanti. “Secara keseluruhan tidak ada evaluasi terhadap kesiapan fisik kendaraan. Misalnya, kondisi ban motor dan mobil yang harus diganti supaya aman dikendarai. Selebihnya semua dalam kondisi baik dan siap dioperasikan,” ujar Kapolres, Jumat (12/1).

Untuk kendaraan personel, Didik mengatakan, semua yang telah dipersiapkan telah mumpuni untuk beroperasi dalam rangka pengamanan pilkada. “Totalnya ada 67 sepeda motor dan 6 kendaraan roda empat yang diperiksa. Mulai dari pemeriksaan fisik kendaraan hingga dokumen surat kendaraan semua diperiksa secara detail,” ungkapnya.

Ditanya kesiapan Polres Mempawah mengamankan pilkada di wilayah hukumnya, Didik memastikan seluruh personel siap melaksanakan tugas dan fungsi pengamanan di seluruh TPS dan lingkungan masyarakat. “Secara fisik dan teknis tidak ada permasalahan. Semua sudah kita siapkan sejak jauh hari,” ucapnya.

Dia mengharapkan, penyelenggaraan Pilkada Bupati Mempawah 2018 terlaksana dengan tertib, aman dan damai. Kapolres memastikan pihaknya memiliki peranan strategis dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat. “Secara garis besar, kami telah merancang dan mempersiapkan pola pengamanan pilkada di wilayah hukum Polres Mempawah yang mencakup Kabupaten Mempawah dan Kubu Raya. Mulai dari awal tahapan pilkada hingga pelantikan kepala daerah terpilih nantinya. Semua sudah kami susun dan persiapkan dengan maksimal,” ungkapnya.

Kapolres menjelaskan, pola pengamanan yang akan dilaksanakan berdasarkan pada potensi gangguan ancaman dan kerawanan di wilayah masing-masing. Dalam hal pengamanan, polisi akan dibantu oleh TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja. “Pola pengamanan berdasarkan pada perkiraan ancaman serta kerawanan wilayah baik pada saat pendaftaran, sosialisasi kampanye terbuka, tertutup, dialogis, pemungutan suara di TPS hingga pelantikan,” tuturnya.

 

Reporter: Ari Sandy

Editor: Yuni Kurniyanto