Polisi Janji Tindak Tegas Spekulan

Penimbunan Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru

10
Kombes Pol Nanang Purnomo

eQuator.co.id – Pontianak-Rk. Potensi praktik penimbunan pangan oleh oknum tak bertanggungjawab memang selalu menjadi isu di setiap menyambut perayaan hari besar keagaman. Termasuk jelang perayaan Natal dan tahun baru.

Jajaran Polda Kalbar berupaya mencegah terjadinya praktik spekulan pangan jelang Natal dan tahun baru. Supaya, ketersediaan dan harga sembako tetap stabil, seperti hari-hari biasanya. Pengawasan ketat peredaran pangan di wilayah Kalbar sudah mulai dilakukan. “Satgas (Satuan Tugas) Pangan sudah dibentuk,” kata Kepala Bidang Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Nanang Purnomo, Selasa (4/12).

Menurut Nanang, pola pengawasan pangan yang dilakukan Satgas di bawah Direktorat Reserse Kriminal Kusus (Ditreskrimsus) Polda Kalbar ini bersinergi dengan instansi terkait melakukan patroli di lapangan. “Jadi, Satgas saling koordinasi, dengan instansi pemerintah daerah, melakukan pemantauan harga serta stok di pasar,” jelasnya.

Polisi akan bertindak tegas terhadap oknum pedagang yang sengaja melakukan penimbunan sembako jelang Natal dan tahun baru. Kepolisian berkomitmen membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan sembako dengan harga yang stabil. Oleh karenanya, jangan coba-coba ada yang nakal untuk kepentingan pribadi. “Kalau ditemukan ada pedagang yang sengaja menimbun sembako, maka akan kita proses,” tegas Nanang.

 

Laporan: Abdul Halikurrahman

Editor: Arman Hairiadi