PNS Lulusan IPDN Jangan Cengeng dan Alergi Kritik

24
SERAH TERIMA. Pj Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji berfoto bersama dengan PNS lulusan IPDN di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (19/7)—Humas for RK
SERAH TERIMA. Pj Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji berfoto bersama dengan PNS lulusan IPDN di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (19/7)—Humas for RK

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Sebanyak 73 PNS lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXIV Tahun 2017 diserahterimakan ke Pemerintahan Provinsi Kalbar, Kamis (19/7). Pelaksanaan serah terima dilakukan di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar.

“Saya berharap kepada PNS lulusan IPDN ini mampu menjalankan fungsi Aparatur Sipil Negara (ASN),” ujar Pj Gubernur Kalbar, Dodi Riyadmadji.

Para lulusan PNS ini juga diharapkan bisa menjadi tombak pemerintahan di pelosok-pelosok negeri. Khususnya Kalbar. “Para PNS lulusan IPDN harus memiliki integritas dan moral yang baik serta harus siap untuk ditempat tugaskan di seluruh wilayah Indonesia,” tegasnya.

Mereka juga harus selalu meningkatkan kemampuannya dan jangan cengeng. “Saya berharap para lulusan IPDN mampu berperan sebagai kader pemerintahan yang terampil, energik dan selalu up to date. Sehingga mampu meningkatkan budaya kerja yang positif di tempat bertugas,” harapnya lagi.

Dikatakannya, harapan masyarakat sudah semakin tinggi terhadap kualitas pelayanan publik yang ingin mereka dapatkan dari pemerintah dan Negara. Masyarakat tidak akan ragu-ragu untuk berdebat atau mengkritik atau bahkan melakukan protes jika menurut mereka layanan yang didapatkan tidak memuaskan dan lamban.

“Janganlah alergi terhadap kritikan. Namun jadikanlah kritikan masyarakat sebagai bahan untuk perbaikan, untuk melaksanakan reformasi birokrasi di lingkungan kerja kelak. Sebab memang merupakan tugas sebagai abdi Negara untuk melayani masyarakat,” pesannya.

Total jumlah PNS lulusan IPDN angkatan XXIV ini sebanyak 2014 orang dan ditempatkan di Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia serta Instansi Pusat. 73 darinya, ditempatkan dan akan disebar di beberapa daerah di Kalbar. Untuk Kabupaten Sintang, Sambas, Kapuas Hulu, Bengkayang, Sanggau masing-masing 10 orang. Selanjutnya di Kota Pontianak dan Singkawang masing-masing 3 orang. Serta 3 orang lainnya ditempatkan di Kantor Gubernur Kalbar.

“Saya berpesan kepada seluruh Forkompinda agar dapat memberikan bimbingan dan pembinaan yang baik serta selalu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap PNS lulusan IPDN ini,” pungkasnya.

Laporan: Rizka Nanda

Editor: Ocsya Ade CP