PMI dan LK2S Gelar Aksi Sosial

Semarakan HUT Kemerdekaan RI Ke-73

16

eQuator.co.id – Melawi-RK. Guna menyemarakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Melawi bersama Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial ( LK2S) menggelar kegiatan aksi donor darah, Sabtu (18/8).

Kegiatan yang dipusatkan di Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan tersebut diikuti puluhan masyarakat yang antusias mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan.

“Alhamdulillah, kegiatan aksi donor darah berjalan dengan lancar dan ramai. Semoga dengan aksi donor darah ini dapat membantu masyarakat kita yang lagi membutuhkan transfusi darah di rumah sakit,” ungkap Ketua LK2S Melawi, Nurbetty Eka Mulyastri Panji ditemui disela-sela kegiatan ketika mendampingi Bupati Melawi, Panji yang juga Ketua PMI Melawi serta Wakil Bupati Melawi, Dadi Sunarya.

Lebih jauh, Ketua PKK Melawi ini menjelaskan, donor darah secara teratur dalam medis diketahui dapat menurunkan kekentalan darah. Apalagi kekentalan darah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan resiko terkena penyakit jantung atau stroke.

“Donor darah secara rutin setiap 3 bulan sekali sangat baik bagi kesehatan kita. Dengan melakukan donor darah kita memberikan sedikit darah dari dalam tubuh agar dapat dimanfaatkan guna membantu orang lain,” terangnya.

Selain aksi donor darah, masyarakat juga dapat memeriksakan kesehatan mereka. Seperti kolesterol, asam urat serta terapi bekam. “LK2S juga menggelar aksi penggalangan dana untuk masyarakat kita di Lombok, NTB. Alhamdulillah terkumpul dana sebesar Rp2.800.000,” ulasnya.

Dalam kesempatan itu, sejumlah permainan tradisional seperti tarik tambang dan makan kerupuk juga digelar Pemerintah Melawi dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke-73. Selain itu ada pula senam massal dan senam syantik hingga panjat pinang pada sore harinya.

Reporter: Dedi Irawan

Redaktur: Andry Soe