PLN Buka Rekrutmen di Tujuh Kota

ilustrasi. net

eQuator.co.id – PONTIANAK-RK. PLN kembali membuka rekrutmen tingkat S1/D-IV dan D-III. Pembukaan rekrutmen tersebut diselenggarakan pada acara 26th Career Days 2019 yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Acara yang digelar di Grha Sabha Pramana UGM ini berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 7 – 8 September 2019.

Hadir pada pembukaan acara rekrutmen Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali. “Saat ini PLN sedang membangun infrastruktur yang luar biasa, yaitu proyek 35.000 MW. Untuk itu kami membutuhkan tenaga kerja terbaik untuk berkontribusi menerangi seluruh negeri,” Terang Ali dalam keterangannya, Minggu (8/9).

Ia menambahkan, pada tahun ini PLN membutuhkan sebanyak 3.400 calon pegawai baru yang akan diterima di tahun 2020 mendatang.

Senada dengan Ali, Dekan Fakultas Teknik UGM, Nizam mengatakan bahwa bisnis dan kondisi ekonomi saat ini menuntut pekerja untuk selalu berkreasi.

“Itu semua hanya bisa dicapai dengan human capital atau talenta yang unggul dan kreatif. Oleh karena itu sinergi antara perguruan tinggi dan pelaku industri harus selalu kita lakukan secara konkret,” tutur Nizam.

Tahapan tes pada rekrutmen periode kali ini akan diselenggarakan di tujuh kota yang berbeda, yaitu Yogyakarta, Palembang, Kupang, Banjarmasin, Medan, Jakarta dan Makassar. Bagi pelamar yang berada di luar wilayah tersebut PLN memberikan dimudahkan untuk melakukan pendaftaran secara online tanpa harus datang ke lokasi. Periode pendaftaran dibuka mulai 7 September 2019 sampai dengan 20 September 2019 pukul 23.59 WIB.

Rekrutmen kali ini membuka kesempatan bagi para pelamar tidak hanya untuk berkarir di PLN, tetapi juga di 11 anak perusahaan yang tergabung di PLN Group. Diantaranya adalah Indonesia Power, Pembangkitan Jawa Bali (PJB), Bright PLN Batam, ICON +, PLN Tarakan, PLN Batubara, PLN Geothermal, PLN-E, Haleyora Power, dan Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAG).

Ali juga mengimbau agar pelamar berhati-hati terhadap maraknya penipuan rekrutmen. “Biasanya setelah membuka rekrutmen akan banyak hoax yang muncul, untuk itu kami menghimbau bahwa PLN hanya membuka rekrutmen di website resmi rekrutmen PLN. Hanya itu. Tidak melalui surat menyurat maupun melalui telfon. PLN juga tidak memungut biaya perjalanan apapun dalam proses rekrutmen dan seleksi,” imbuhnya.

Adapun pengumuman dan pendaftaran resmi rekrutmen hanya melalui website rekrutmen.pln.co.id. Sedangkan untuk penyampaian informasi rekrutmen, PLN hanya menggunakan akun email [email protected] Informasi lainnya mengenai PLN dapat diakses di www.pln.co.id. (ova)