Pilgub di Melawi Aman dan Damai

28
Ilustrasi-RMOL

eQuator.co.id – Melawi-RK. Pelaksanaan pesta akbar demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar di Kabupaten Melawi berjalan secara aman, damai serta demokratis. Mulai dari tahapan pemilihan hingga usai pelaksanaan pleno tingkat kecamatan.

“Alhamdulillah pelaksanaan Pilgub di Melawi berjalan aman dan lancar. Sejak pemilihan pada tanggal 27 Juni 2018 hingga tahapan-tahapan lainnya dilaksanakan. Seperti tahapan pleno di tingkat PPK belum ada masalah,” ujar Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Melawi, Erwin Nurjadin di kantornya, Senin (2/7).

Lebih lanjut, Erwin menjelaskan, Panwaslu Melawi standby dalam melakukan pengawasan serta membuka pengaduan 24 jam di kantornya. “Namun hingga saat ini belum ada pengaduan yang masuk ke kita,” ucapnya.

Ia berharap, situasi di Melawi yang sudah kondusif bisa terus dijaga hingga tahapan pelaksanaan Pilgub selesai. Sementara jika terjadi pelanggaran bisa disampaikan melalui pos pengaduan Panwaslu Melawi agar bisa ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

“Kita berharap situasi yang sudah aman di Melawi tetap dijaga. Tentunya dengan tidak menyebarkan isu sara serta bahasa-bahasa yang provokatif. Jangan pula mudah terpancing dengan isu-isu serta kabar yang datang dari luar,” harapnya.

Sementara itu, sesuai dengan tahapan hingga saat ini masih dalam tahapan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kecamatan serta penyampaian hasil rekapitulasi ke KPU. Sedangkan untuk rekapitulasi dan pengumuman hasil perhitungan suara tingkat kabupaten/kota untuk Pilgub. Sesuai tahapan akan dilaksanakan pada 4 Juli sampai 6 Juli 2018.

“Kita berharap hingga tahapan di Melawi ini selesai semuanya berjalan dengan lancar. Kita berterima kasih kepada masyarakat yang sudah menggunakan hak pilihnya hingga partisipasi pemilih di Melawi cukup tinggi. Kepada aparat Polri dan TNI selaku keamanan juga kita ucapkan terima kasih, sehingga pelaksanaan ini masih terus aman,” tuturnya.

Reporter: Dedi Irawan

Redaktur: Andry Soe