Perkemahan Wirakarya di Mempawah Sukses

DOOPRIZE. Peserta PW mendapatkan dooprize pada malam penutupan kegiatan Perkemahan Wirakarya (PW) Pramuka 2019 di Bumi Perkemahan Opu Daeng Menambon Mempawah. ALFI SHANDY/RK

eQuator.co.id – MEMPAWAH-RK. Pelaksanaan Perkemahan Wirakarya (PW) Pramuka 2019 di Bumi Perkemahan Opu Daeng Menambon Mempawah berlangsung sukses. Perkemahan yang berlangsung sejak tanggal 21-26 Oktober itu ditutup Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Barat, H Suryadi, MS, Sabtu (26/10) malam.

“PW ini merupakan bentuk kegiatan kreatif, inovatif dan produktif yang dilakukan pramuka penegak pandega dalam bentuk karya nyata. Artinya mereka membuktikan pengabdian untuk masyarakat dan lingkungan,” terang Suryadi.

Menurut Suryadi, PW menjadi ajang pembuktikan bagi para pramuka di Kalimantan Barat untuk membuktikan komitmen dan dedikasinya terhadap pengalaman nilai-nilai Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

“Sehingga masyarakat tahu, anggota pramuka bukan sekedar latihan-latihan dan teori saja, melainkan juga ilmu yang diserapnya dapat diaplikasikan melalui perbuatan sosial kemasyarakatan dalam kegiatan PW ini,” tuturnya.

Sesuai temanya, ungkap Suryadi, PW Pramuka 2019 di Bumi Perkemahan Mempawah adalah bersama bersinergi membangun negeri (bestari). Artinya, pramuka selalu bersinergi dengan seluruh komponen masyarakat untuk memberikan kontribusi terbaiknya dalam pembangunan daerah, bangsa dan negara.

“Seluruh rangkaian kegiatan PW ini berlandaskan pada nilai-nilai kebersamaan, semangat gotong royong yang dilakukan dari peserta, untuk peserta dan oleh peserta PW itu sendiri,” ujarnya.

Lebih jauh, Suryadi mengungkapkan, para peserta PW mempraktekan cara-cara kepemimpinan, merencakan, memprogramkan, melaksanakan dan evaluasi. Sehingga para peserta betul-betul merasakan aplikasi dari ilmu yang mereka dapatkan selama latihan di masing-masing gugus depan.

“Disini (PW), seluruh ilmu itu bisa mereka implementasikan dalam bentuk konkritnya. Sehingga, kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat dan alam,” sebutnya.

Karena itu, dia menilai kegiatan PW di Mempawah berlangsung sukses dan spektakuler. Mulai dari penataan panggung, kegiatan dilapangan dan lainnya berhasil diselenggarakan dengan maksimal.

“Suksesnya kegiatan ini menunjukan kematangan dan keseriusan Kwarcab Pramuka Mempawah dalam melaksanakan program kepramukaan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalbar, Wakil Gubernur, Bupati Mempawah dan jajaran, kwartir daerah beserta jajaran dibawahnya. Tanpa dukungan semua pihak mustahil kegiatan ini bisa terselenggara dengan lancar,” ucapnya.

Kegiatan PW tahun 2019 di Mempawah diikuti kurang lebih 500 pramuka Penegak dan Pandega dari 10 kabupaten dan kota di Kalbar. Sejumlah daerah yang belum mengirimkan pesertanya seperti, Kabupaten Kapuas Hulu, Landak dan lainnya. (shn)